Kemenpora Perjuangankan Pencak Silat Agar Ditandingkan di Olimpiade -->

Kemenpora Perjuangankan Pencak Silat Agar Ditandingkan di Olimpiade

Sabtu, 24 Maret 2018, 9:42 AM
loading...
Ilustrasi Pencak Silat. [Foto Ist/Antara]

E-KABARI.COM, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus menggodok tahapan cabang olahraga pencak silat untuk dapat dipertandingkan di olimpiade. Mereka memanfaatkan momen Asian Games 2018 sebagai batu loncatan.

Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora, Marheni D Kusumawati, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah mencari masukan dari pihak terkait guna memastikan tahapan yang harus dilakukan.

"Kami (Kemenpora) mengambil inisiatif mengundang Persilat dan PB IPSI untuk memastikan gambaran lebih utuh serta bagaimana strategi untuk membawa pencak silat ke olimpiade," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (23/03/18) kemarin.

Selain melibatkan Persilat dan PB IPSI dalam diskusi tersebut pihak Kemenpora mengundang perwakilan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Berdasarkan pemaparan yang dilakukan, pencak silat penyebaraannya cukup luas dan sudah ada 93 negara yang memiliki asosiasi pencak silat. Namun, untuk bisa dipertandingkan pada olimpiade banyak syarat yang harus dipenuhi selain harus memenuhi suatu syarat administratif dan teknis yang harus di persiapkan.

Sebagai contoh, organisasi internasional Persilat harus menjadi anggota WADA (World doping agency), dan beberapa anggota organisasi internasional lainnya.

Yang tidak kalah penting adalah perlunya peta jalan sehingga semua pemangku kepentingan terkait saling bersinergi, sekaligus bertanggung jawab atas tugas dan peran masing masing.

Hal itu bertujuan menghindari kemungkinan tumpang tindih atau justru saling menghindari tahapan pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

Diskusi juga menghasilkan beberapa kemungkinan langkah, tahapan maupun beberapa usulan untuk tindak lanjut, salah satunya payung bersama, seperti peraturan presiden.

"Tentu akan ada diskusi lanjutan yang akan dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Marheni.

Pencak silat merupakan olahraga tradisional asal Indonesia. Saat ini upaya untuk mempertandingkan dikejuaraan multi event internasional terus dilakukan. Dalam waktu dekat, pencak silat bakal dipertandingkan di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Sumber: Antara via Tempo.co

TerPopuler