Fattah Jasin Vs KH Kholilurrahman Menuju Pilkada Pamekasan 2024, Begini Kata Pengamat -->

Fattah Jasin Vs KH Kholilurrahman Menuju Pilkada Pamekasan 2024, Begini Kata Pengamat

Kamis, 16 Mei 2024, 2:36 PM
loading...
Fattah Jasin Vs KH Kholilurrahman Menuju Pilkada Pamekasan 2024, Begini Kata Pengamat
Fattah Jasin dan KH Kholilurrahman, dua figur yang mulai santer mengambil formulir pendaftaran ke berbagai partai sebagai Bacabup Pamekasan. (Foto Ir/E-KABARI)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Nama Fattah Jasin dan KH Kholilurrahman muncul sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Pamekasan yang akan digelar November 2024.


Bahkan, kedua figur tersebut sudah mengambil formulir pendaftaran Bacabup Pamekasan ke berbagai partai politik (Parpol).


Keduanya sama-sama memiliki popularitas dan pengalaman dalam kepemimpinan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.


Kiai Kholil pernah menjabat sebagai Bupati Pamekasan periode 2008-2013. Sedangkan Fattah Jasin pernah menjabat Pj Bupati Pamekasan selama setahun (2018) dan menjabat Wakil Bupati sisa masa jabatan 2022-2023.


Syaiful Anam, Pengamat Politik sekaligus Dosen Universitas Madura (Unira) Pamekasan  mengatakan, keduanya sama-sama memiliki popularitas di Bumi Gerbang Salam.


Tetapi menurut Syaiful, popularitas yang dimiliki KH Kholilurrahman lebih tinggi dibandingkan dengan popularitas Fattah Jasin.


"Untuk elektabilitas KH Kholilurrahman juga lebih tinggi dibandingkan dengan Fattah Jasin, sebab KH Kholilurrahman sudah terbukti dedikasinya untuk Pamekasan saat ia menjabat sebagai Bupati," ucapnya, Kamis, 16 Mei 2024.


Bagaimanapun, Fattah Jasin bisa dibilang orang baru di Kabupaten Pamekasan. Syaiful menilai dedikasi Fattah Jasin terhadap Kabupaten Gerbang Salam masih belum ada.


"Jadi, ia harus lebih bekerja keras lagi dalam berjuang untuk memperebutkan gelar M1 nantinya," tambah pengamat politik itu.


Namun, popularitas dan elektabilitas bukan segalanya. Syaiful menambahkan, di luar unsur itu dukungan dari berbagai kalangan sangat menentukan kemenangan calon.


"Terlepas dari nama kedua calon, peranan dan dukungan baik dari pengusaha, ulama dan blatir juga sangat berpengaruh untuk menjadi pemenang di Pilkada Serentak November 2024 mendatang," pungkas Syaiful. (Ir/Rfq)

TerPopuler