Mudik ke Sumenep Lebaran 2024, Jangan Lewatkan Event Pesta Rakyat Ketupat -->

Mudik ke Sumenep Lebaran 2024, Jangan Lewatkan Event Pesta Rakyat Ketupat

Senin, 25 Maret 2024, 10:48 AM
loading...
Mudik ke Sumenep Lebaran 2024, Jangan Lewatkan Event Pesta Rakyat Ketupat
Mudik ke Sumenep Lebaran 2024, Jangan Lewatkan Event Pesta Rakyat Ketupat. (Foto Instagram @disbudporaparsumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep ternyata tak hanya berikan mudik gratis pada warganya di perantauan. Tapi juga menyediakan event Pesta Rakyat Ketupat selama mudik lebaran.


Ya, menyambut lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah kali ini, Pemkab Sumenep memang telah menyiapkan sejumlah event yang sebelumnya sudah masuk Calendar of Event 2024 di bulan April.


Adapun event yang disiapkan untuk mengisi mudik lebaran 2024 tersebut diantaranya Festival Layangan Tradisional dan Festival Ketupat yang berlokasi di wisata Pantai Lombang hingga pertunjukan seni dan budaya Sumenep.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, program mudik ke Sumenep secara gratis dan event Pesta Rakyat Ketupat lebaran 2024 merupakan sebuah paket.


Mudik gratis merupakan upaya Pemerintah Daerah memanjakan para pemudik yang ingin pulang kampung, sedangkan event selama mudik lebaran 2024 adalah upaya promosi kekayaan seni budaya serta destinasi wisata Sumenep.


"Pemerintah Daerah menyiapkan sejumlah event di tempat wisata tujuannya tak lain untuk memanjakan para pemudik atau wisatawan yang nanti berkunjung ke Kabupaten Sumenep," ujar Bupati Sumenep Achmad Fauzi belum lama ini.


Tak hanya menyiapkan event lebaran di Pantai Lombang, guna melengkapi penyambutan pemudik dan wisatawan, Pemkab Sumenep juga melibatkan para UMKM untuk menyediakan kuliner dan souvenir khas Kota Keris.


Di samping memanjakan wisatawan, pelibatan UMKM dalam event Pesta Rakyat Ketupat tersebut menjadi upaya Pemerintah Daerah meningkatkan ekonomi kerakyatan.


"Program mudik gratis dan pertunjukan seni budaya di Pantai Lombang nanti itu selain untuk mempromosikan wisata Sumenep juga diharapakan dapat meningkatkan geliat ekonomi kerakyatan," jelas Bupati Achmad Fauzi.


Sementara Kepala Disbudporapar Sumenep Mohamad Iksan menyampaikan, sesuai Calendar of Event 2024, pada musim libur lebaran kali ini Pemkab Sumenep akan mengadakan pagelaran seni budaya di Pantai Lombang Batang-Batang.


Kegiatan lebaran tersebut dijadwalkan berlangsung pada tanggal 15 dan 16 April 2024 dengan kemasan Pesta Rakyat Ketupat.


"Kegiatan ini juga merupakan program rutin tahunan sesuai petunjuk yang terhormat Bapak Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo," kata Mohamad Iksan, Kamis lalu.


Selain untuk memanjakan para wisatawan dan mendorong pelaku UMKM, Iksan menyebut event Pesta Rakyat Ketupat nanti juga dalam rangka mendukung program Bupati Sumenep yaitu Mudik Gratis 2024. (ADV/Rfq)

TerPopuler