Apa Sih Tarhib Ramadhan? Yuk Ketahui Istilah dan Asal-usulnya -->

Apa Sih Tarhib Ramadhan? Yuk Ketahui Istilah dan Asal-usulnya

Kamis, 07 Maret 2024, 8:00 PM
loading...
Apa Sih Tarhib Ramadhan? Yuk Ketahui Istilah dan Asal-usulnya
Apa Sih Tarhib Ramadhan? Yuk Ketahui Istilah dan Asal-usulnya. (Ilustrasi/Canva)


E-KABARI.com - Tarhib Ramadhan seharusnya bukan istilah yang asing bagi umat Islam. Apalagi menjelang bulan suci Ramadhan 3 hari lagi.


Namun, tak perlu malu jika Anda termasuk umat Islam yang masih belum mengetahui Tarhib Ramadhan. Daripada sok tahu demi menahan malu, lebih baik baca artikel ini hingga selesai.


Saat ini, umat Islam sudah memasuki minggu terakhir bulan Sya'ban. Tinggal menghitung hari akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Hal inilah yang dikenal dengan Tarhib Ramadhan.


Jadi, Tarhib Ramadhan itu adalah penyambutan datangnya bulan suci Ramadhan sebagaimana dikutip E-KABARI.com dari detikJateng, Kamis, 7 Maret 2023. Dan itu terjadi pada minggu terakhir bulan Sya'ban yang sedang berlangsung.


Tentu saja penyambutan bulan suci Ramadhan yang dikenal dengan Tarhib Ramadhan bukan sekadar euforia sukacita semata. Pada momen ini, umat Islam pun dianjurkan untuk melaksanakan amalan-amalan yang baik.


Untuk memahami apa itu Tarhib Ramadhan, mari simak penjelasan lengkap berikut ini!


Asal-usul Tarhib Ramadhan


Istilah tarhib Ramadhan ini memiliki akar kata dalam bahasa Arab. Istilahnya berasal dari padanan Rihab (رحاب), Ruhbah (رحبة), dan Tarhab (ترحاب). Makna dari padanan kata-kata ini adalah ruang yang luas, ramah, kegembiraan, dan penerimaan dengan tangan terbuka.


Menurut informasi yang dikutip dari situs resmi Kementerian Agama Kantor Wilayah Kota Malang, tarhib bukan hanya sekadar ucapan selamat datang, tetapi ungkapan kebahagiaan atas keindahan sesuatu.


Istilah tarhib juga dapat diartikan dengan singkatan dari kata yang lebih umum, yaitu marhaban, yang menggambarkan penyambutan tamu dengan penuh kegembiraan, hati yang terbuka, dan persiapan yang baik.


Jadi, itulah akar kata tarhib secara bahasa. Meskipun sebagai istilah, Tarhib Ramadhan memiliki ruang lingkup yang lebih luas sebagai penyambutan bulan suci Ramadhan. (dJ/Rfq)

TerPopuler