Support Palestina, Dua Ribu Lebih Jamaah Maulid Arba'in Sumenep Gelar Doa Bersama hingga Galang Dana -->

Support Palestina, Dua Ribu Lebih Jamaah Maulid Arba'in Sumenep Gelar Doa Bersama hingga Galang Dana

Kamis, 23 November 2023, 8:30 AM
loading...
Support Palestina, Dua Ribu Lebih Jamaah Maulid Arba'in Sumenep Gelar Doa Bersama hingga Galang Dana
KH Tuhfatul Ghani Mufaddhal Situbondo saat memimpin doa pada Tasyakuran dan Doa Bersama untuk Palestina yang digelar Majelis Maulid Arba'in Gapura, Sumenep, Rabu (22/11/2023) malam. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Majelis Maulid Arba'in Gapura, Kabupaten Sumenep menggelar Tasyakkuran dan Doa Bersama untuk warga Palestina, Rabu, 22 November 2023 malam.


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Stadion Al-In'am III Bukit Kornes, Desa Banjar Timur, Kecamatan Gapura dan dihadiri oleh KH Tuhfatul Ghani Mufaddhal dari Situbondo.


Hadir pula KH Hanif Hasan dari Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk dan KH Lathfan Habibi, Pengasuh Ponpes Al-Is'af, Kalaba'an, Guluk-Guluk, Sumenep.


Sebanyak dua ribu lebih jamaah mengikuti tasyakuran dan doa bersama di Bukit Kornes tersebut dengan sepenuh khidmat.


Majelis Shalawat Subbanun Nahdhiyyin Pondok Pesantren Parama'an dan Tari Sufi Kabula Maulana menjadi pembuka acara. Kemudian doa bersama untuk perlindungan dan keselamatan warga Palestina dipimpin oleh KH Hanif Hasan.


"Bagi kita, mereka (warga Palestina) adalah saudara. Semoga Gusti Allah memberikan perlindungan kepada warga muslim Palestina seperti Allah melindungi Ka'bah dengan pasukan burung Ababilnya," dawuh Kiai Hanif.


Sementara Pimpinan Maulid Arba'in Kiai Tirmidzi Mas'ud mengatakan, kegiatan tasyakkuran tersebut dilaksanakan setiap tahun. Hingga kini telah terlaksana selama tiga kali.


"Alhamdulillah, kegiatan tahunan yang digelar oleh Pengurus dan Jamaah Maulid Arba'in kembali terlaksana," kata Kiai Tirmidzi.


Adapun kegiatan rutinitas Maulid Arba'in sendiri yaitu merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW selama empat puluh malam. Kegiatan tersebut berlangsung setiap bulan Maulid atau Rabi'ul Awwal hingga Rabi'ul Akhir.


"Tapi di tahun lalu rutinan Maulid Arba'in ini berhasil dilaksanakan selama 60 hari berturut-turut," imbuh Kiai Tirmidzi.


Selain tasyakuran dan mendoakan saudara muslim di Palestina, lanjut Kiai Tirmidzi, Maulid Arba'in juga melaksanakan penggalangan dana.


Dana yang terkumpul dalam kegiatan tersebut, nantinya akan disalurkan ke Palestina melalui LAZISNU Kabupaten Sumenep.


"Nanti saya serahkan kepada GMCS (Geng Motor Cinta Shalawat) dan Pagar Nusa untuk mengkoordinir penggalangan dana untuk kemudian diserahkan kepada pihak Lazisnu malam ini juga," ujar kiai enerjik itu.


Kiai Tir, karib disapa, mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan Jamaah Maulid Arba'in serta masyarakat sekitar yang terlibat langsung demi suksesi acara tersebut.


Ia berharap, rutinitas Maulid Arba'in dan tasyakuran itu bisa terus dilaksanakan secara berkesinambungan di tahun-tahun selanjutnya.


"Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Kanjheng Nabi Muhammad SAW, sehingga rahmat Allah dan syafaat Gusti Kanjheng Nabi mengalir kepada kita semua nanti di akhirat. Amin," harap Kiai Tir. (Rez/Rfq)

TerPopuler