Hari Jadi Ke-754, Pemkab Sumenep Gelar Haul Raja-Raja Se-Madura -->

Hari Jadi Ke-754, Pemkab Sumenep Gelar Haul Raja-Raja Se-Madura

Senin, 30 Oktober 2023, 12:30 PM
loading...
Hari Jadi Ke-754, Pemkab Sumenep Gelar Haul Raja-Raja Se-Madura
Haul Raja-Raja se-Madura yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-754 Sumenep, Ahad (29/10/2023) malam. (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep mengadakan Haul Raja-Raja se-Madura sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep tahun 2023.


Haul Raja-Raja se-Madura tersebut merupakan pertama kalinya digelar Pemkab Sumenep sebagai rangkaian Hari Jadi.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung di depan Labang Mesem itu menghadirkan tokoh masyarakat dan ulama dari empat Kabupaten di Madura, termasuk keluarga besar Keraton Jogjakarta dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sumenep.


"Pemerintah daerah pada Hari Jadi Kabupaten Sumenep tahun ini melibatkan tiga kabupaten lain di Madura dan keluarga keraton lain dalam rangka meningkatkan semangat kebersamaan untuk membangun daerah di Madura," kata Bupati Fauzi Wongsojudo, Ahad (29/10/2023) malam.


Bupati menginginkan Haul Raja-Raja menjadi agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan secara bergiliran di setiap kabupaten di Madura ketika momentum Hari Jadi Kabupaten masing-masing.


Dengan demikian, acara itu bisa menjadi sarana silaturahmi dan kebersamaan pemerintah bersama ulama dan umaro.


"Tujuannya adalah bergotong royong membangun Madura demi kesejahteraan masyarakat Madura, karena dengan kebersamaan bisa menyelesaikan persoalan yang terjadi di setiap daerah," terangnya.


Sebelum kegiatan Haul Raja-Raja se-Madura, Bupati Fauzi Wongsojudo bersama Wakil Bupati Nyai Hj Dewi Khalifah terlebih dahulu melakukan ziarah ke makam raja-raja Sumenep di Asta Tinggi pada sore hari.


Hal itu sebagai bentuk penghormatan pada leluhur yang telah membangun dan memperjuangkan Sumenep menjadi kabupaten seperti sekarang ini.


"Penghormatan dalam bentuk alunan doa, mudah-mudahan Allah SWT menerima dan membalas segala kebaikan pemimpin-pemimpin terdahulu dengan balasan yang layak," pungka Bupati. (*/Rfq)

TerPopuler