Tetap Segar saat Cuaca Panas, Berikut Tips & Trik untuk Menjaga Kesejukan -->

Tetap Segar saat Cuaca Panas, Berikut Tips & Trik untuk Menjaga Kesejukan

Minggu, 29 Oktober 2023, 8:51 AM
loading...
Tetap Segar saat Cuaca Panas, Berikut Tips & Trik untuk Menjaga Kesejukan
Tetap Segar saat Cuaca Panas, Berikut Tips & Trik untuk Menjaga Kesejukan. (Ilustrasi/iStockPhoto/lemono)


E-KABARI.com - Cuaca panas dapat menjadi tantangan bagi kenyamanan kita, tetapi dengan beberapa tips yang tepat, kamu dapat tetap segar dan nyaman, merasakan kesejukan sepanjang hari.


Beberapa bulan terakhir, cuaca di Indonesia memang sangat panas. Bahkan sepekan ini suhu berkisar antara 27-34 derajat celcius.


Meski sudah hampir melewati bulan Oktober, baru hari ini, Ahad, 29 Oktober 2023 yang tampak ada tanda-tanda musim hujan akan menggantikan kemarau.


Berdasarkan prakiraan cuaca, sebagai daerah di Indonesia berawan. Sedangkan sebagian lainnya tetap cerah, bahkan cuaca masih terasa sangat panas.


Dalam kondisi seperti ini, sangat penting mengetahui cara tetap segar dan nyaman, merasakan kesejukan sepanjang hari.


Karena itu, E-KABARI.com telah merangkum berbagai tips dan trik dari berbagai sumber bagaimana menjaga kesejukan, agar tetap segar dan nyaman saat cuaca panas.


Berikut adalah cara menjaga kesejukan saat cuaca panas, upaya kami tetap segar dan nyaman sepanjang hari.


1. Minum Air Secukupnya


Air adalah kunci untuk menjaga tubuh tetap segar saat cuaca panas. Pastikan kamu minum air secukupnya sepanjang hari. Ini membantu mencegah dehidrasi dan menjaga suhu tubuh kamu dalam kisaran yang nyaman. Hindari minuman beralkohol dan berkafein, karena mereka dapat meningkatkan risiko dehidrasi.


2. Kenakan Pakaian yang Tepat


Pilih pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun yang bisa "bernafas." Hindari pakaian ketat dan berwarna gelap karena mereka dapat menyerap panas. Kenakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.


3. Gunakan Perlindungan Matahari


Sinar matahari yang terik dapat merusak kulit dan meningkatkan suhu tubuh. Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi dan hindari berjemur terlalu lama di bawah matahari. Ini juga akan membantu mencegah penuaan dini kulit.


4. Hindari Aktivitas Berat di Siang Hari


Pada cuaca panas, hindari aktivitas fisik berat di tengah hari ketika suhu mencapai puncaknya. Lebih baik lakukan aktivitas fisik pada pagi atau sore saat cuaca lebih sejuk.


5. Gunakan Kipas atau AC


Jika memungkinkan, gunakan kipas atau AC untuk menjaga suhu di dalam rumah atau kantor tetap sejuk. Ini akan membantu kamu tetap nyaman dan produktif.


6. Konsumsi Makanan Segar


Makan makanan ringan, seperti buah dan sayuran, yang tinggi air untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hindari makanan berat yang dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga tambah gerah.


7. Beristirahat dengan Cukup


Tetap segar juga memerlukan istirahat yang cukup. Pastikan kamu tidur dengan nyaman di malam hari untuk merasa lebih bugar ketika suhu mencapai puncak di siang hari.


Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kami dapat tetap segar dan nyaman saat cuaca panas. Ini juga dapat membantu kamu menjaga kesehatan jangka panjang.


Jadi, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah tersebut untuk merasakan kenyamanan, tetap segar dan sejuk saat cuaca panas yang ekstrem.***


Penulis: Cantika Jamilah
Editor: Rafiqi
Sumber: Berbagai Sumber

TerPopuler