48 Peserta MTQ Asal Sumenep Ikuti Diklat dan Karantina Sebelum Berangkat ke Jatim -->

48 Peserta MTQ Asal Sumenep Ikuti Diklat dan Karantina Sebelum Berangkat ke Jatim

Rabu, 27 September 2023, 8:10 PM
loading...
49 Peserta MTQ Asal Sumenep Ikuti Diklat dan Karantina Sebelum Berangkat ke Jatim
Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Sumenep Kamiluddin saat melaporkan kegiatan Diklat dan Karantina Peserta MTQ serta Pelepasan Kafilah MTQ Kabupaten Sumenep pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023, Rabu (27/9/2023) sore. (Foto Rafiqi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Sebanyak 48 peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) asal Sumenep mengikuti Diklat dan Karantina yang digelar Pemerintah Daerah melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).


Diklat dan Karantina bagi peserta MTQ asal Sumenep tersebut berlangsung di Hotel Asmi Kota Sumenep terhitung mulai Rabu-Kamis, 27-28 September 2023.


Selama dua hari, mereka akan didampingi 10 orang pembina untuk mempersiapkan diri mengikuti MTQ Ke-30 tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 di Kota Pasuruan.


Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah berharap agar peserta MTQ serius mengikuti Diklat dan Karantina. Sehingga, prestasi Kabupaten Sumenep pada MTQ kali ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.


"Kafilah Sumenep pada MTQ Provinsi tahun sebelumnya menempati peringkat 14 dari 38 kabupaten atau kota di Jawa Timur. Tahun ini kami berharap bisa masuk 10 besar, bahkan 5 besar," kata Wabup Dewi Khalifah, Rabu, 27 September 2023 sore.


Wabup Sumenep yang akrab disapa Nyai Eva itu berpesan agar para peserta menjadikan MTQ sebagai sarana bersyukur kepada Allah. Pasalnya, tidak semua orang di Sumenep ini terpilih sebagai peserta.


"Kalian ini adalah orang-orang pilihan Allah. Maka dari itu, amanah ini harus dijaga dengan baik. Tingkatkan ibadah, perbanyak berdoa kepada Allah," pesan Nyai Eva.


Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Kamiluddin mengungkapkan, Diklat dan Karantina bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan membangun rasa kebersamaan di antara para peserta MTQ.


"Selain itu, juga untuk meningkatkan pemahaman, keahlian serta menyiakan sikap dan mental para peserta MTQ asal Sumenep untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 di Kota Pasuruan," ungkap Kamiluddin.


Sementara untuk jumlah kafilah Sumenep pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 sebanyak 71 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 48 orang peserta MTQ, 2 orang official, 10 orang pembina, 9 orang visitor dan 2 orang lainnya.


"Untuk jumlah peserta per cabang yaitu cabang Tilawah Al Qur'an 14 orang putra/putri, cabang Hifdzil Qur'an 10 orang putra/putri, cabang Tafsir Al Qur'an 6 orang putra/putri, cabang Fahmil Qur'an 6 orang putra/putri, cabang Syahril Qur'an 3 orang putri, cabang Khot Al Qur'an 7 orang putra/putri, cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an 2 orang putra/putri," jelas Kamil. (*/Rfq)

TerPopuler