Mahasiswa KPM Posko V STITA Sumenep Gelar Santunan Anak Yatim dan Khitanan Massal di Desa Ellak Laok -->

Mahasiswa KPM Posko V STITA Sumenep Gelar Santunan Anak Yatim dan Khitanan Massal di Desa Ellak Laok

Kamis, 24 Agustus 2023, 9:18 PM
loading...
Mahasiswa KPM Posko V STITA Sumenep Gelar Santunan Anak Yatim dan Khitanan Massal di Ellak Laok
Mahasiswa KPM Posko V STITA Sumenep gelar Santunan Anak Yatim dan Khitanan Massal di Desa Ellak Laok, Kecamatan Lenteng, Kamis (24/8/2023). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Posko V Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) Sumenep bersama Ranting GP Ansor Ellak Laok, Kecamatan Lenteng gelar Santunan Anak Yatim dan Khitanan Massal, Kamis, 24 Agustus 2023.


Santunan Anak Yatim dan Khitanan Massal yang berlangsung di Balai Desa Ellak Laok itu dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah, Forkopimcam Lenteng, Pemdes Ellak Laok, GP Ranting Ansor Ellak Laok, Muslimat, Fatayat dan masyarakat.


Koordinator Desa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Posko V STITA Sumenep Yamin mengatakan, setiap anak yatim mendapat bantuan dana dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumenep.


Sedangkan peserta khitanan massal mendapat bantuan khitan secara gratis yang bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Lenteng melalui koordinasi Dinas Kesehatan Sumenep.


"Dalam pelaksanaan kegiatan ini ada satu orang perwakilan Baznas yang membawakan dana bantuan untuk diserahkan kepada anak yatim dan enam petugas medis yang melakukan proses khitanan berasal dari Puskesmas Lenteng," kata Yamin, Kamis, 24 Agustus 2023.


Ada sebanyak 22 anak laki-laki yang berasal dari 6 dusun di Desa Ellak Laok mengikuti khitanan massal yang digelar mahasiswa KPM Posko V STITA Sumenep.


Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah menjelaskan, khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki.


Menurut pandangan agama, fungsi dari khitan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.


Sedangkan secara medis, khitan mempunyai faedah yang sangat penting, yakni untuk membuang bagian anggota tubuh yang menjadi persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.


"Saya mengapresiasi terselenggaranya acara santunan dan khitanan massal yang dilaksanakan oleh KPM Posko V STITA Sumenep yang bekerja sama dengan berbagai pihak dan semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi barokah bagi kita semua," ujar Wakil Bupati Sumenep.


Sementara Dewan Pembimbing Lapangan (DPL) KPM Posko V STITA Sumenep Nurul Khatim menyampaikan apresiasi terhadap mahasiswanya yang mengadakan santunan anak yatim dan khitanan massal.


Menurut Nurul Khatim, kegiatan mahasiswa KPM Posko V STITA merupakan program yang sangat menyentuh masyarakat dan perlu mendapatkan apresiasi.


"Semua anggota KPM Posko V sudah menciptakan program dan forum silaturahmi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Ellak Laok. Maka, perlu ada apresiasi dan dukungan terhadap mereka untuk tetap semangat menjalankan program bakti terhadap masyakarakat ke depannya," ujar Nurul Khatim. (Lis/Rez/Rfq)

TerPopuler