DPMD Sumenep Punya Kantin Smart, Dukung Pelayanan hingga Jual Produk BUMDes -->

DPMD Sumenep Punya Kantin Smart, Dukung Pelayanan hingga Jual Produk BUMDes

Jumat, 28 Juli 2023, 10:01 PM
loading...
DPMD Sumenep Punya Kantin Smart, Dukung Pelayanan hingga Jual Produk BUMDes
Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni Yusuf, AP, M.Si didampingi Ketua DWP Ny. Has Sriyani Anwar dan Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi dan Kerjasama Desa (PUEKD) Fadholi, ST, MT menunjukkan produk BUMDes di Kantin Smart. (Foto Rafiqi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memiliki Kantin Smart.


Kantin yang berada di di samping kiri kantor DPMD Sumenep itu dikelola oleh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP).


Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni Yusuf mengungkapkan, pihaknya menyediakan kantin bukan sebagai tempat makan dan minum atau ngopi semata.


Lebih dari itu, DPMD Sumenep menyiapkan Kantin Smart guna mendukung aktivitas pelayanan kepada perangkat desa yang berhubungan dengan pemberkasan.


"DPMD ini kan pelayanan ke teman-teman perangkat dari desa itu hampir setiap hari, jadi kami menyiapkan kantin, tetapi bukan sembarang kantin, melainkan Kantin Smart," ungkapnya, Jumat, 28 Juli 2023.


Kantin yang mendukung pelayanan terhadap perangkat desa tersebut sebenarnya dinamakan Kantin Suapan Cinta (Asupan Pangan Ceria Indah Merata). 


Namun, Anwar melabelinya sebagai Kantin Smart karena di kantin itu DPMD Sumenep menyiapkan fasiltas layanan khusus berupa wifi gratis, scanner dan printer.


"Jadi teman-teman perangkat desa kalau datang pelayanan ke kami, kemudian ada hal yang harus diperbaiki atau ada kekurangan berkas, mereka bisa langsung self service,  bisa scan atau ngeprint di situ sehingga tidak perlu balik ke desanya," jelas Anwar.


Kepala DPMD Sumenep itu berharap, dengan fasilitas yang tersedia di Kantin Smart, pelayanan yang berhubungan pemberkasan terhadap perangkat desa bisa cepat selesai.


Tentu upaya memangkas waktu dan jarak dengan Smart Kantin tersebut merupakan salah satu bentuk semangat dari jargon 'Bismillah Melayani' Bupati Sumenep.


"Itu harapan kami, sehingga ketika teman-teman dari desa datang ke DPMD Sumenep, langsung bisa selesai berkas-berkas yang diajukan," jelas Anwar.


Selain fasilitas wifi gratis, scanner dan printer, saat ini Kantin Asupan Cinta DPMD Sumenep diisi dengan produk beberapa BUMDes dari sejumlah desa.


Karena itu, Anwar berharap agar BUMDes yang memiliki produk untuk menaruh produknya di Kantin Smart DPMD Sumenep.


"Kami lakukan ini sebenarnya sebagai cara untuk mempromosikan produk-produk BUMDes," tandas Anwar. (*/Rfq)

TerPopuler