Cerita Kakek Harun, Jemaah Haji Tertua di Indonesia asal Pamekasan -->

Cerita Kakek Harun, Jemaah Haji Tertua di Indonesia asal Pamekasan

Kamis, 11 Mei 2023, 7:38 PM
loading...
Cerita Kakek Harun, Jemaah Haji Tertua di Indonesia asal Pamekasan
Kakek Harun, calon jemaah haji tertua di Indonesia tahun 2023 asal Pamekasan. (Foto Ist/WZ)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Nama Kakek Harun, jemaah haji asal Dusun Karang Duak, Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan sedang viral.


Pasalnya, Kakek Harun diketahui menjadi jemaah haji tertua di Indonesia dengan usia 119 tahun pada musim haji 2023.


Kakek Harun kini memang berusia lanjut dan secara fisik terbilang renta. Namun semangatnya untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tidak pernah surut.


Berdasarkan jadwal keberangkatan jemaah haji tahun 2023, Kakek Harun akan berangkat ke tanah suci Makkah pada tanggal 24 Mei 2023 mendatang.


Kakek kelahiran 1 Juli 1904 itu nampak sehat dan mampu beraktivitas sebagaimana orang sehat pada umumnya ketika ditemui di kediamannya di Desa Pangbatok.


Mulai dari makan, mandi, dan ganti pakaian bisa dilakukan Kakek Harun secara mandiri tanpa harus dibantu orang lain.


Kakek yang telah memiliki 7 anak dan 28 cucu itu menceritakan, ia mendaftar sebagai calon jemaah haji pada tahun 2017 dari hasil menjual tanah miliknya senilai Rp 29 juta.


Hasil menjual tanah itu ia gunakan sebagai uang muka untuk mendaftar haji di biro penyelenggara haji dan umroh Assyarifain.


Meskipun sudah berusia lanjut, keyakinan menunaikan haji menjadi modal kedua Kakek Harun untuk tetap mendaftar.


"Awalnya yakin saja, karena dulu daftar haji 2017 dari uang hasil menjual tanah, dulu bayar uang mukanya 29 juta  dan nunggu sampai 2046 untuk berangkatnya," kata Kakek Harun, Kamis, 11 Mei 2023.


Sejak pendaftaran itu, Kakek Harun mulai menyicil hingga melunasi kekurangan biaya hajinya pada tanggal 29 Maret 2023 lalu setelah mendapat kabar dirinya masuk kuota keberangkatan haji tahun ini.


Masih sama seperti awal pendaftaran, untuk melunasi kekurangan biaya haji miliknya beberapa waktu lalu pun penuh perjuangan.


Kali ini Kakek Harun harus merelakan menjual 2 ekor sapi kesayangan yang dirawatnya selama 2 tahun.


"Bulan puasa kemarin saya menjual dua sapi untuk melunasi kekurangan biaya berangkat haji itu," tutur Kakek Harun.


Saat ini kakek Harun sudah menyiapkan semua keperluannya untuk melaksanakan ibadah haji sembari menunggu jadwal keberangkatan ke Tanah Suci. (WZ/Rfq)

TerPopuler