Kepala DKPP Sumenep Optimis Mekanisme Pertanian Modern Bisa Gugah Pemuda untuk Bertani -->

Kepala DKPP Sumenep Optimis Mekanisme Pertanian Modern Bisa Gugah Pemuda untuk Bertani

Kamis, 16 Maret 2023, 8:53 PM
loading...
Kepala DKPP Sumenep Optimis Mekanisme Pertanian Modern Bisa Gugah Pemuda untuk Bertani
Kepala DKPP Sumenep, Arif Firmanto, S.TP, M.Si. (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep Arif Firmanto mulai menyoroti generasi di sektor pertanian.


Pasalnya, para pemuda hari ini tampak enggan untuk menjadi petani meneruskan tradisi leluhur guna menjadi aktor dalam menjaga ketahanan pangan.


Daya beli hasil pertanian yang rendah dan upah minim yang didapat menjadi alasan pemuda enggan menjadi petani. Sementara mereka menyadari dari sisi pekerjaan sangat berat dan harus berpanas-panasan.


"Cara kerja petani itu berat, harus berpanas-panasan dan hasilnya sedikit," ujar Ariansyah beberapa waktu lalu.


Pernyataan pemuda asal Desa Masaran, Kecamatan Bluto itulah yang menjadi perhatian Kepala DKPP Sumenep.


Menurut Arif Firmanto, menjadi seorang petani di era digital saat ini tentu harus mengikuti perkembangan. Bagaimanapun, petani adalah tombak pertumbuhan ekonomi dan ketersediaan pangan.


Apalagi, di Indonesia petani sangat berperan penting untuk kemaslahatan ekonomi bangsa. Sehingga, petani harus beradaptasi dengan teknologi dalam bentuk inovasi.


Arif kemudian menjelaskan, saat ini telah ada mekanisme pertanian modern. Ia percaya hal itu dapat mengubah stigma negatif pemuda yang selama ini melekat pada profesi seorang petani.


"Bertani telah menjadi sebuah kebiasaan baru di negara-negara besar. Tentu, mereka tak lagi bertani secara tradisional, mereka telah menerapkan mekanisme pertanian secara modern dengan memanfaatkan teknologi," kata Arif, Kamis, 16 Maret 2023.


Kepala DKPP Sumenep itu optimis, proses pengenalan teknologi pertanian secara perlahan dapat mengubah mindset pemuda, khususnya di Kabupaten Sumenep.


Arif juga ingin membuktikan bahwa bertani bagi kaum milenial bukanlah hal yang harus ditakutkan lantaran menganggap upah yang akan didapat sangat kecil.


"Jadi tidak perlu takut untuk bertani, sebab di era moderenisasi seperti saat ini para petani akan dibantu dengan teknologi yang dapat meringankan kinerja seorang petani," tegas Arif Firmanto. (*/Rfq)

TerPopuler