DKPP Sumenep Gelar Panen Padi Nusantara di Desa Gunggung -->

DKPP Sumenep Gelar Panen Padi Nusantara di Desa Gunggung

Sabtu, 11 Maret 2023, 12:57 PM
loading...
DKPP Sumenep Gelar Panen Padi Nusantara di Desa Gunggung
Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektare Se-Indonesia di lahan padi Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Sumenep, Sabtu (11/3/2023). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) gelar Panen Padi Nusantara di Desa Gunggung, Kecamatan Batuan.


Kegiatan DKPP Sumenep, Sabtu, 11 Maret 2023 itu merupakan bagian dari kegiatan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektare yang berlangsung secara serentak di Indonesia.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi melakukan Panen Padi di Desa Gunggung bersama Kapolres Sumenep, Dandim 0827 Sumenep, Kepala BPS, didampingi Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto dan Camat Batuan.


Hadir pula pada Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektare Se-Indonesia tersebut, perwakilan Kemeterian Pertanian (Kementan) RI Hasanatun Hasinah.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengungkapkan, Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektare Se-Indonesia merupakan program strategis ketahanan pangan.


Kegiatan tersebut dilaksanakan di 10 provinsi dan 66 kabupaten se-Indonesia. Sementara dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, hanya 17 kabupaten yang terpilih.


"Dari 17 kabupaten di Jawa Timur, alhamdulillah Sumenep menjadi salah satu kabupaten yang terpilih," kata Bupati Achmad Fauzi, Sabtu, 11 Maret 2023.


Kebijakan Presiden Joko Widodo menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis Nasional sejalan dengan prorgram Pemerintah Kabupaten Sumenep.


Pemerintah Daerah menurut Bupati Achmad Fauzi menjadikan sektor pertanian di Sumenep sebagai salah satu andalan dalam gerakan pemberdayaan pertanian dan ekonomi kerakyatan guna mendukung terwujudnya swasembada pangan.


"Alhamdulillah Sumenep dari Januari sampai April 2023 dibandingkan dengan tahun 2022 mengalami kenaikan luas lahan tanam kurang lebih 973 hektare atau naik 3,21 persen," ujar Bupati Achmad Fauzi.


Dengan kenaikan luas lahan tanam tersebut, Bupati Sumenep optimis secara otomatis hasil produksi padi pasti meningkat kurang lebih 3,38 persen atau naik 5.655 ton.


Karena itu, pihaknya berharap kepada petani di Sumenep agar setiap tahun terus menggarap lahan yang bisa dimaksimalkan untuk peningkatan hasil produksi padi.


"Tujuannya tetap sama yaitu untuk ketahanan pangan karena ini faktor penting agar Indonesia mengurangi jumlah impor," ungkap Bupati Achmad Fauzi.


Sementara Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto mengungkapkan, luas lahan padi yang akan dipanen di Desa Gunggung, Kecamatan Batuan seluas 46,5 hektare.


Berdasarkan hasil pengukuran BPS, puluhan hektare lahan padi yang akan dipanen tersebut menghasilkan 8,5 ton per hektare.


"Ini artinya hasil produksi padi di Sumenep kali ini bagus," jelas Arif Firmanto.


Pihaknya berterima kasih kepada para petani di Sumenep, khususnya petani di Desa Gunggung yang telah menanam padi sehingga bisa dipanen dalam kegiatan Panen Padi Nusantara hari ini.


"Terima kasih kepada para petani Sumenep kepada kelompok tani, khususnya di Desa Gunggung. Semangat terus untuk ketahanan pangan kita," pungkas Arif Firmanto. (*/Rfq)

TerPopuler