116 Wisman Kunjungi Sumenep, Disbudporapar Suguhkan Kesenian hingga Kuliner Tradisional -->

116 Wisman Kunjungi Sumenep, Disbudporapar Suguhkan Kesenian hingga Kuliner Tradisional

Rabu, 01 Maret 2023, 3:38 PM
loading...
116 Wisman Kunjungi Sumenep, Disbudporapar Suguhkan Kesenian hingga Kuliner Tradisional
Ratusan wisman asal Amerika Serikat dan Australia disambut kesenian Saronen hingga disuguhkan sejumlah kuliner tradisional khas Sumenep, Rabu (1/3/2023). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Sebanyak 116 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu, 1 Maret 2023 pagi.


116 wisman yang mengunjungi Sumenep di awal tahun 2023 tersebut berasal dari Amerika Serikat dan Australia.


Kapal Pesiar yang membawa rombongan wisman itu bersandar di Pelabuhan Tanjung, Saronggi sekira pukul 07.00 WIB.


"Hari ini kami kedatangan wisman yang berasal dari Amerika dan Australia. 116 orang turis," kata Mohamad Iksan kepada E-KABARI.com, Rabu, 1 Maret 2023 siang.


Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep itu menyampaikan, dari Saronggi ratusan wisman langsung bertolak menuju tujuan utama yakni Museum Keraton Sumenep.


Di lokasi wisata pertama itu, Pemerintah Daerah melalui Disbudporapar Sumenep menyuguhkan kesenian hingga kuliner tradisional khas Kota Keris.


"Jadi para wisman itu tadi kami suguhkan kesenian tradisional yaitu Saronen, kemudian juga kami suguhkan kuliner tradisional khas Kabupaten Sumenep seperti Apen, Gettas, Rengginang, Klepon dan lain-lain," ujar Mohamad Iksan.


Tak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan seputar Keris beserta cara pembuatannya yang berasal dari Desa Aeng Tong-Tong kepada para wisman tersebut.


Bahkan setelah melihat proses membatik, ada hasil batik yang dibeli oleh para wisman dari Amerika Serikat dan Australia itu.


"Ahamdulillah sambutan dari para wisman hari ini luar biasa. Mereka sangat kagum terhadap budaya, juga kuliner dan kesenian yang ada di Kabupaten Sumenep," kata Iksan dengan wajah sumringah.


Setelah dari Museum Keraton dan ke Taman Sare, 116 wisman asal Amerika Serikat dan Australia itu berencana ke Masjid Jamik, kemudian lanjut ke Asta Tinggi Sumenep.


Namun karena cuaca kurang mendukung gara-gara hujan cukup deras, setelah dari Museum Keraton Sumenep mereka hanya mampir sebentar di Masjid Jamik.


"Setelah itu langsung balik ke Pelabuhan Tanjung lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Semarang," pungkas Iksan. (*/Rfq)

TerPopuler