Tak Sia-Sia Bupati Sumenep Selalu Ajak Masyarakat Bergotong Royong, Ini Hasilnya -->

Tak Sia-Sia Bupati Sumenep Selalu Ajak Masyarakat Bergotong Royong, Ini Hasilnya

Kamis, 16 Februari 2023, 11:41 AM
loading...
Tak Sia-Sia Bupati Sumenep Selalu Ajak Masyarakat Bergotong Royong, Ini Hasilnya
Bupati Sumenep Achmad Fauzi disambut siswa-siswi SDN Dungkek I untuk meresmikan gedung hasil renovasi program BRI Peduli TJSL beberapa waktu lalu. (Rafiqi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Upaya Bupati Sumenep Achmad Fauzi selalu mengajak masyarakat agar bergotong royong dalam berbagai hal ternyata tak sia-sia belaka.


Ajakan Bupati Sumenep membudayakan gotong royong itu kini sudah membuahkan hasil yang nyata di depan mata.


Selama ini Bupati Achmad Fauzi memang selalu menggaungkan pentingnya sikap gotong royong dalam banyak kesempatan.


Bupati Sumenep biasa menyampaikan seruan untuk terus menghidupkan budaya gotong royong pada kesempatan sambutan di setiap menghadiri acara.


Seruan itu disampaikan Bupati Achmad Fauzi di acara yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, acara yang diselenggarakan lembaga pun masyarakat.


Rupanya, ajakan gotong rotong oleh Bupati Sumenep merupakan perwujudan konsep pentahelix. Yakni melibatkan berbagai unsur masyarakat maupun lembaga-lembaga non profit dalam rangka mewujudkan inovasi.


"Melalui konsep pentahelix ini, semua elemen bisa bergotong royong membangun koordinasi dan komitmen untuk mengembangkan daerah di segala sektor pembangunan, dengan mengedepankan kearifan lokal dan bersumber daya lokal," kata Bupati Achmad Fauzi ketika meresmikan renovasi gedung SDN Dungkek I, Senin, 6 Februari 2023 lalu.


Melalui kolaborasi sinergis tersebut, Bupati Sumenep berharap terwujud suatu inovasi yang didukung oleh berbagai sumber daya yang berinteraksi secara sinergis.


Salah satu buktinya, renovasi gedung SDN Dungkek I melalui Program BRI Peduli TJSL Bantuan Renovasi Sekolah.


"Semua yang Pemerintah lakukan anggarannya tidak selalu harus dari APBD, bisa juga pihak ketiga, CSR seperti yang hari ini BRI berikan kepada kita untuk renovasi gedung sekolah," ujar Bupati Achmad Fauzi.


Politisi PDI Perjuangan tersebut menerapkan konsep pentahelix bukan tanpa dasar.


Bupati Achmad Fauzi sering menyampaikan bahwa gotong royong merupakan kekuatan dasar masyarakat Indonesia.


"Gotong royong sebagai simbol persatuan sebagaimana tertuang dalam butiran Pancasila yakni Persatuan Indonesia," ujar aktor rektivasi rel Kereta Api Madura itu.


Lebih dari sekadar wujud pembangunan di satu sektor, seruan gotong royong Bupati Achmad Fauzi terbukti mampu mendongkrak naiknya Indeks Kesalehan Sosial Kabupaten Sumenep tahun 2022.


Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sumenep Helmi mengungkapkan, Indeks Kesalehan Sosial Kabupaten Sumenep tahun 2022 naik dua persen lebih dari tahun sebelumnya.


"Indeks Kesalehan Sosial Kabupaten Sumenep tahun 2022 naik menjadi 82,30 dari 80,46," kata Helmi. (***/Rfq)

TerPopuler