Pasar Kolpajung akan Dibangun Ulang, Pemkab Pamekasan Siapkan TPS untuk Pedagang -->

Pasar Kolpajung akan Dibangun Ulang, Pemkab Pamekasan Siapkan TPS untuk Pedagang

Jumat, 06 Januari 2023, 11:12 AM
loading...
Pasar Kolpajung akan Dibangun Ulang, Pemkab Pamekasan Siapkan TPS untuk Pedagang
Lapak sementara di Lapangan Kowel yang akan menjadi tempat relokasi bagi para pedagang Pasar Kolpajung, Pamekasan. (Foto Ir/E-KABARI)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Pasar Kolpajung Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan dibangun ulang menjadi tempat jual beli yang lebih representatif.


Pasar yang terletak di Kelurahan Kolpajung, Kecamatan Kota itu merupakan salah satu pasar tradisional milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.


Rencananya Pasar Kolpajung akan dilakukan pembangunan oleh Kementerian PUPR melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan.


"Pembangunan Pasar Kolpajung akan dimulai pada bulan Maret 2023," kata Kepala Disperindag Pamekasan Achmad Syaifuddin, Jumat, 6 Januari 2023.


Pasar Kolpajung yang sudah dibangun puluhan tahun akan dibangun kembali di lokasi yang sama dengan dua lantai.


Sementara pembangunan pasar dikerjakan, para pedagang akan direlokasi ke tempat penampungan sementara (TPS) yang kini mulai disiapkan Pemerintah Daerah.


"Sebanyak 1.213 pedagang nantinya akan direlokasi ke tempat yang baru yang sudah dipersiapkan oleh kami yakni di Lapangan Kowel," tutur Achmad Syaifuddin.


Pemindahan pedagang Pasar Kolpajung ke TPS akan dilakukan mulai dari pertengahan bulan Januari sampai batas akhir pertengahan bulan Februari 2023.


Mengingat pedagang pasar sangat variatif, lapak sementara bagi mereka akan diatur zonasinya berdasarkan jenis dagangan.


"Pembagian lapak akan dilakukan dengan adil, sehingga tidak menimbulkan konflik bagi pedagang nantinya," ujar Syaifuddin.


Pihaknya berharap para pedagang Pasar Kolpajung untuk bersabar selama berjualan di TPS Lapangan Kowel.


Setelah pembangunan pasar baru selesai, Syaifuddin memastikan semua pedagang akan kembali berjualan di pasar itu.


"Ketika Pasar Kolpajung sudah selesai dibangun dan rampung, maka para pedagang bisa kembali berjualan di pasar yang baru," tegas Syaifuddin. (Ir/Rfq)

TerPopuler