Inovasi Baru RSUD Sumenep, Sediakan Guiding Block untuk Pasien Difabel -->

Inovasi Baru RSUD Sumenep, Sediakan Guiding Block untuk Pasien Difabel

Selasa, 13 September 2022, 8:19 PM
loading...
Inovasi Baru RSUD Sumenep, Sediakan Guiding Block untuk Pasien Difabel
Humas RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Arman Endika Saputra. (IST)


SUMENEP, E-KABARI.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep kini menyediakan Guiding Block atau Jalur Pemandu untuk pasien Difabel atau Penyandang Disabilitas.


Guiding block atau jalur pemandu berupa markah yang dipasang untuk membantu difabel, khususnya tuna netra ketika berjalan merupakan inovasi baru RSUD Sumenep memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat.


Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep melalui Humas Arman Endika Saputra menyampaikan, penyandang disabilitas bisa memanfaatkan guiding block, utamanya untuk mengarahkan atau memberi peringatan.


Pihaknya berharap, dengan inovasi baru berupa penyediaan guiding block atau jalur pemandu tersebut, pasien difabel akan terlayani dengan baik di RSUD Sumenep.


"Jadi melalui guiding block ini setidaknya akan membantu pasien yang memiliki keterbatasan, sehingga bisa memanfaatkan alat tersebut untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan," kata Arman Endika Saputra, Selasa,13 September 2022.


Lebih lanjut, Arman menjelaskan, penyediaan layanan guiding block sebagai bentuk pemenuhan pelayanan terhadap pasien difabel sebagaimana rumah sakit umum.


Hal itu dengan menyediakan sebagian ruangan di rumah sakit untuk memudahkan pasien difabel yang juga memiliki hak mendapatkan pelayanan dengan baik.


"Saat ini di RSUDMA Sumenep sudah terpasang guiding block di 5-10 persen lokasi yang ada," jelas Arman.


Namun, lanjut Arman, RSUD Sumenep akan terus memasang guiding block. Sampai akhir tahun akan ada sekitar 40 persen ruangan memiliki selasar penghubung ke semua ruangan dipasang guiding block.


"Kami akan berupaya untuk meningkatkan pelayanan sesuai standar rumah sakit, agar akses masyarakat termasuk para difabel juga mendapatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya," tandas Arman. (*/Rsd)

TerPopuler