OJK-LSAI Gelar Sosialisasi Literasi Keuangan pada Masyarakat -->

OJK-LSAI Gelar Sosialisasi Literasi Keuangan pada Masyarakat

Senin, 29 Agustus 2022, 5:33 PM
loading...
OJK-LSAI Gelar Sosialisasi Literasi Keuangan pada Masyarakat
OJK-LSAI gelar Sosialisasi Literasi Keuangan pada masyarakat, Senin (29/8/2022). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng Lembaga Studi Arus Informasi (LSAI) melakukan Sosialisasi Literasi Keuangan pada masyarakat, Senin, 29 Agustus 2022.


Sosialisasi Literasi Keuangan tersebut berlangsung di Gedung Juang Kecamatan Batuan dengan pemateri Pimpinan Cabang Bank Mandiri Sumenep Opon Supandi.


Direktur Eksekutif LSAI Abrari mengatakan, kegiatan itu dilandasi catatan OJK terkait indeks literasi dan inklusi keuangan Nasional yang masih memiliki gap cukup besar.


Berdasarkan survei OJK, indeks literasi keuangan baru mencapai 38,03 persen. Sementara indeks inklusi keuangan nasional mencapai sebesar 76,19 persen.


"Selisih yang cukup besar itu mengindikasikan sebagian besar masyarakat sudah memiliki akses ke berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan," kata Abrari.


Namun, di saat bersamaan ternyata masih sedikit masyarakat yang benar-benar memahami manfaat dan risiko dari lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan.


Sehingga, OJK terus berupaya meningkatkan literasi keuangan agar dapat berjalan beriringan dengan cara terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat.


"Tujuan sosialisasi literasi keuangan ini diantaranya agar pemahaman masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan, termasuk investasi, makin meningkat dan terhindar dari investasi bodong," jelas Abrari.


Selain itu, melalui sosialisasi pihaknya ingin agar masyarakat lebih mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.


"Dengan demikian, masyarakat bukan hanya tahu lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan, tapi juga hati-hati dalam memilihnya," tandas Abrari.


Sementara itu, Opon Supandi menjelaskan, literasi keuangan menurut OJK yaitu pengetahuan dan pemahaman mengenai manfaat dan risiko produk dan layanan jasa keuangan yang bisa memberikan manfaat besar bagi sektor jasa keuangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Contoh sederhana dari manfaat literasi keuangan adalah ketika seseorang memiliki literasi keuangan yang baik, maka ia bisa menjadwalkan pembayaran tagihan secara tepat waktu, serta manajemen utang yang baik," jelas Opon Supandi. (Ir/Rfq)

TerPopuler