HUT Ke-77 RI, BUMDesma Gapura LKD Salurkan Bansos dan Santunan Anak Yatim -->

HUT Ke-77 RI, BUMDesma Gapura LKD Salurkan Bansos dan Santunan Anak Yatim

Senin, 22 Agustus 2022, 12:51 PM
loading...
HUT Ke-77 RI, BUMDesma Gapura LKD Salurkan Bansos dan Santunan Anak Yatim
Bupati Sumenep Achmad Fauzi didsmpingi Camat Gapura Muhamad Sahlan, Direktur BUMDesma Gapura LKD Sarwini dan Rimawi foto bersama pemerima Bansos dan Anak Yatim, Ahad (21/8/2022) malam. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Gapura LKD menyalurkan bantuan sosial (Bansos) dan santunan kepada anak yatim, Ahad, 21 Agustus 2022 malam.


Penyaluran Bansos dan Santunan Anak Yatim tersebut dilakukan pada Malam Puncak HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Kecamatan Gapura.


Direktur BUMDesma Gapura LKD Sarwini mengatakan, pihaknya menyalurkan Bansos dan Santunan Anak Yatim dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-77 RI tahun 2022.


Hal itu sebagai bentuk kepedulian sosial lembaga yang dikelolanya kepada kaum duafa dan anak yatim di Kecamatan Gapura.


"Dalam rangka ikut menyemarakakn HUT Ke-77 RI Bumdesma Gapura LKD menyaluran bansos dan santunan anak yatim yang bersumber dari Dana Surplus UPK Eks PNPM-MPd Tahun Anggaran 2021," kata Sarwini, Senin, 22 Agustus 2022 pagi.


Penyerahan Bansos dan Santunan Anak Yatim itu secara simbolis dilakukan oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi didampingi Camat Gapura Muhamad Sahlan.


Jumlah penerima Bansos sebanyak 210 orang kategori rumah tangga miskin, sedangkan penerima santunan anak yatim 10 orang.


"Bansosnya berupa paket sembako dan uang, kalau yang santunan untuk 10 anak yatim berupa uang," jelas Sarwini.


Selain Bupati Sumenep Ahmad Fauzi, jajaran Forkopimka Gapura, Kepala desa se-Kecamatan Gapura, BUMDesma Gapura LKD, hadir dalam malam puncak itu tokoh agama dan ratusan masyarakat.


Rimawi selaku Ketua Panitia menyampaikan, Pemerintah Kecamatan Gapura menggelar berbagai perlombaan dalam memeriahkan HUT Ke-77 RI Tahun 2022.


Dia berterima kasih kepada Forkopimka dan seluruh masyarakat Kecamatan Gapura yang telah berkontribusi dan berpartisipasi terhadap suksesnya kegiatan tersebut.


"Beberapa lomba sudah dilaksanakan seperti bulu tangkis, catur, menghias ikan, JJS dan gerak jalan. Kini malam tasyakkuran dengan tumpengan, juga santunan 210 Rumah Tangga Miskin dan 10 anak yatim. Kami mohon maaf kepada semua pihak apabila ada kekurangan dan kesalahan," ujar Rimawi.


Sementara Camat Gapura Muhamad Sahlan menyampaikan, kegiatan perayaan HUT Ke-77 RI sengaja melibatkan para kepala desa se-Kecamatan Gapura menjadi panitia.


Pelibatan Kades sebagai panitia itu bertujuan agar momentum kemerdekaan ini menjadi kemerdekaan bagi masyarakat dari berbagai elemen, bukan hanya pemerintah kecamatan.


"Malam ini merupakan malam puncak kita dalam memeriahkan HUT RI ke-77 tahun. Diusia 77 tahun ini mari kita mulai berubah menuju yang lebih baik. Yang memimpin di kecamatan dan di desa, harus semakin dewasa berpikir dan bertindak dalam memajukan Kecamatan Gapura," ujar Sahlan.


Mantan Kabag Perekonomian dan SDA Setda Sumenep itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Gapura dan panitia, serta elemen lain yang ikut mensukseskan jalannya kegiatan.


"Sudah dua tahun terakhir kita diserang wabah Covid-19 sehingga terkendala dan tidak bisa melaksanakan kegiatan. Tapi alhamdulillah tahun ini kita bisa kembali bersama-sama melaksanakan," ucap Sahlan. (As/Rfq)

TerPopuler