Mensos Tugas Sentra Margo Laras Pati Kunjungi Dua Lansia Lumpuh di Pamekasan -->

Mensos Tugas Sentra Margo Laras Pati Kunjungi Dua Lansia Lumpuh di Pamekasan

Sabtu, 16 Juli 2022, 1:24 PM
loading...
Mensos Tugas Sentra Margo Laras Pati Kunjungi Dua Lansia Lumpuh di Pamekasan
Petugas Sentra Margo Laras Pati saat mengunjungi Maliyeh (80) dan Misnanti (75) di Desa Kacok, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Jumat (15/7/2022). (Foto Ir/E-KABARI)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Petugas Sentra Margo Laras Pati mengunjungi dua lansia bersaudara yang lumpuh di Dusun Bepao, Desa Kacok, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Jumat, 15 Juli 2022 siang.


Rombongan Sentra Margo Laras Pati datang guna melakukan assessment untuk melihat apa saja yang dibutuhkan Maliyeh (80) dan Misnanti (75), mengingat mereka yang hanya tinggal berdua tanpa keluarga.


Sebab, kedua lansia bersaudara tersebut selama hidupnya memang tidak pernah berkeluarga atau menikah.


Kepala Sentra Margo Laras Pati Jiwaningsih menyampaikan, pihaknya mendapatkan tugas dari Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk melihat langsung kondisi Maliyeh dan Misnanti di Kabupaten Pamekasan.


"Kami diutus oleh Ibu Menteri Sosial untuk datang dan melihat langsung keadaan Maliyeh dan Misnanti ini, karena informasi yang diterima oleh Ibu Menteri, dua lansia tersebut tidak mempunyai keluarga," kata Jiwaningsih seusai memberikan bantuan kepada Maliyeh dan Misnanti.


Selain kebutuhan sehari-hari yang sudah dipenuhi oleh Sentra Margo Laras Pati, Jiwaningsih menyatakan, pihaknya akan mengusulkan bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada Mensos agar mereka berdua bisa tinggal di tempat yang lebih layak.


"Untuk keperluan surat atau proposal pengajuan bantuan Rutilahu, saya sudah koordinasi dan minta tolong kepada relawan Gema dan Pemdes setempat untuk menyiapkannya," ucap Jiwaningsih.


Pihaknya juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pamekasan dengan adanya program Simpati Lansia. Menurut Jiwaningsih, program Bupati Baddrut Tamam tersebut sangat membantu meringankan tugas Pemerintah Pusat.


"Ibu menteri mewanti-wanti kepada kita untuk memastikan bahwasanya dua lansia tersebut terjamin makannya, dan alhamdulillah setelah kami cek mereka sudah mendapatkan dari Pemkab Pamekasan," tutur Jiwaningsih.


"Jadi kami merasa sangat terbantu, dan itu sangat bagus sekali, dengan begitu Pemkab Pamekasan sudah memberi kepastian bahwa masyarakatnya sejahtera," tandas Jiwa.


Bendahara Relawan Gema Evi Herawati mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui petugas Sentra Margo Laras Pati, yang sudah peduli dan membantu Maliyeh dan Misnanti.


"Saya mewakili nenek Maliyeh dan Misnanti mengucapkan terima kasih banyak, karena semua kebutuhan harian kedua lansia ini sudah dipenuhi kemarin oleh Bu Jiwaningsih dan petugas lainnya, mulai dari popok, obat-obatan, kasur, selimut, baju, lemari, sembako, serta kebutuhan harian lainnya," ujar Evi Herawati, Sabtu, 16 Juli 2022.


Namun, Evi tak hanya menyampaikan kabar baik akan adanya bantuan dari Kemensos melalui Sentra Margo Laras Pati. Dia juga mengabarkan berita duka bahwa Maliyeh (80) kini sudah meninggal dunia.


"Setelah dikunjungi oleh rombongan dari Sentra Margo Laras Pati kemarin siang, pada malam harinya pukul 19.00 WIB nenek Maliyeh menghembuskan nafas terakhirnya," terang Bendahara Gema itu.


"Semoga almarhumah husnul khatimah dan diampuni segala dosanya, serta dilapangkan kuburnya, amin," pungkas Evi. (Ir/Rfq)

TerPopuler