Jemaah Haji Sumenep Tiba 1 Agustus, Berikut Aturan Penjemputan -->

Jemaah Haji Sumenep Tiba 1 Agustus, Berikut Aturan Penjemputan

Minggu, 31 Juli 2022, 9:19 PM
loading...
Jemaah Haji Sumenep Tiba 1 Agustus, Berikut Aturan Penjemputan
Ilustrasi kedatangan jemaah haji. (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com – Rombongan jemaah haji asal Kabupaten Sumenep, Jawa Timur akan tiba Senin, 1 Agustus 2022 dini hari sekitar pukul 12.30 WIB.


Sebagaimana pemberangkatan, kedatangan jemaah haji Sumenep kembali akan terpusat di GOR A. Yani, Pabian, Kota Sumenep.


Kedatangan jemaah haji Sumenep semula dijawalkan tiba di GOR A. Yani, Ahad, 31 Juli 2022 sekira pukul 23.45 WIB.


Namun saat berita ini ditulis pukul 21.07 WIB, rombongan jemaah haji Sumenep baru berangkat dari Embarkasi Haji Surabaya, sehingga diperkirakan tiba di GOR A. Yani Sumenep pada Senin dini hari.


"Mundur, Mas, mungkin setengah satu (tiba di Sumenep, red). Sekarang baru berangkat dari Surabaya," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumenep Kamiluddin, Ahad, 31 Juli 2022 malam.


Lebih lanjut, Kamil menjelaskan ada beberapa aturan yang harus menjadi perhatian keluarga jemaah haji Sumenep yang akan melakukan penjemputan di GOR A. Yani.


Salah satunya, jumlah penjemput hanya dibatasi satu orang yang diperbolehkan masuk ke area penjemputan.


"Hanya satu orang penjemput iyang diperbolehkan masuk area lokasi kedatangan dengan menunjukan undangan resmi dari Pemerintah Kabupaten Sumenep," jelas Kamil.


Nantinya, satu orang penjemput yang memiliki undangan dari Pemerintah Daerah akan stanby di GOR A. Yani Sumenep.


Kemudian, orang tersebut yang akan membawa jemaah haji keluar dari area penjemputan dengan melewati pintu sebelah utara kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumenep.


"Jika tidak memiliki undangan itu tidak bisa menjemput dengan alasan apapun. Artinya yang bisa menjemput jemaah haji ke area penjemputan hanya keluarga yang memiliki undangan," tegas Kamil.


Untuk kendaraan penjemput jemaah haji akan standby di sebelah utara Kantor KONI Sumenep. Mobil itu, kata Kamil, akan ditandai dengan stiker "Mobil Jemaah Haji".


"Pembagian itu agar nantinya para jemaah haji langsung bertemu dengan kendaraan penjemput," jelas Kabag Kesra Sumenep.


Sementara untuk pengangkut barang bawaan jemaah haji (Tas Sahara), Pemkab Sumenep menyiapkan tiga truck yang dikawal anggota Kodim 0827 Sumenep dari Surabaya.


Pengambilan Tas Sahara tersebut bertempat di Aula MAN Sumenep, dengan syarat menyerahkan fotokopi Paspor (dokumen administrasi ibadah haji) dan fotokopi KTP (identitas jemaah haji yang bersangkutan) masing-masing sebanyak 1 lembar.


"Jika pengambilan tas sahara belum selesai pasca penjemputan, akan dilajutkan pagi hari di tempat yang sama," ujar Kamil.


Sebagai upaya ketertiban dan keamanan di lokasi penyambutan, Pemkab Sumenep sudah menyiagakan sejumlah petugas.


Rincianya, Polres Sumenep 146 personel, DPRKP dan Perhubungan 50 personel, Satpol PP 46 personel, Kodim 0827 42 personel dan Polisi Militer (PM) sedikitnya 8 orang. (Rfq)

TerPopuler