Bupati Sumenep Achmad Fauzi Berencana Jamas Keris Pusaka Miliknya -->

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Berencana Jamas Keris Pusaka Miliknya

Senin, 25 Juli 2022, 8:39 PM
loading...
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Berencana Jamas Keris Pusaka Miliknya
Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat menerima kunjungan Pelestari Budaya Leluhur Desa Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi, Senin (25/7/2022). (Dok. Prokopimkab Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Bupati Sumenep Achmad Fauzi berencana menjamas keris pusaka miliknya pada mometum jamasan pusaka bulan Suro/Muharram 1444 Hijriah.


Bupati Achmad Fauzi mengungkapkan keinginan jamas keris pusaka miliknya itu dalam agenda silaturahmi dengan rombongan Pelestari Budaya Leluhur Desa Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi.


Bupati Sumenep menerima rombongan Pelestari Budaya Leluhur Desa Aeng Tong-tong itu di Mandhepa Jokotole Komplek Keraton Sumenep, Senin, 25 Juli 2022.


Dalam silaturahmi itu, mereka didampingi Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep Mohamad Iksan.


Pelestari Budaya Leluhur Desa Aeng Tong-tong menghadap Bupati Sumenep Achmad Fauzi untuk menyampaikan terkait rencana menggelar Penjamasan Pusaka tanggal pada 6-7 Agustus 2022 di Desa Wisata Keris Aeng Tong-tong, Saronggi.


Mereka juga memohon izin kepada Bupati Achmad Fauzi untuk mengambil air dari aumber mata air di Pemandian Taman Sare Keraton Sumenep pada tanggal 1 Suro yang bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi mendukung rencana Penjamasan Pusaka oleh Pelestari Budaya Leluhur Desa Aeng Tong-tong. Bahkan, Bupati juga berencana akan menjamas keris pusaka miliknya.


"Insyaallah saya akan ikut menjamas keris pusaka milik saya," ujar Bupati Achmad Fauzi.


Kendati demikian, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu berpesan bahwa pandemi Covid-19 masih belum usai. Sehingga, dalam pelaksanaan Jamasan tetap harus mematuhi protokol kesehatan.


"Jadi, saya harap panitia penyelenggara segera melengkapi perizinan kegiatan dari instansi yang berwenang," pungkas Bupati Achmad Fauzi. (Rfq)

TerPopuler