Warga Sapeken Suguhi Bupati Sumenep Pencak Silat Tradisional Suku Bajo -->

Warga Sapeken Suguhi Bupati Sumenep Pencak Silat Tradisional Suku Bajo

Jumat, 03 Juni 2022, 11:45 AM
loading...
Warga Sapeken Suguhi Bupati Sumenep Pencak Silat Tradisional Suku Bajo
Penampilan pencak silat tradisional ala suku Bajo sebagai pembuka acara Silaturahmi Bupati Sumenep Achmad Fauzi dengan masyarakat di Pulau Sapeken, Jumat (3/6/2022). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Warga Sapeken menyuguhi Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama jajaran Forkopimda dan para Pimpinan OPD dengan pencak silat tradisional ala suku Bajo, Jumat, 3 Juni 2022.


Penampilan pencak silat yang dalam bahasa Bajo disebut Menca itu menjadi suguhan pembuka kegiatan silaturahmi Bupati Sumenep bersama jajaran Forkopimda dengan masyarakat di Pulau Sapeken.


"Ini tradisi kami, Menca ditampilkan di acara penting seperti menyambut tamu kehormatan atau acara nikahan," kata Hasan Basri, salah seorang penampil yang ditemui usai acara di halaman Kantor Kecamatan Sapeken.


Suguhan pencak silat tradisional ala suku Bajo ditampilkan oleh dua orang orang diiringi dengan musik tradisional. Bupati Achmad Fauzi pun tampak menikmati penampilan Menca sebagai pembuka acara.


Di akhir pertunjukan, salah seorang penampil menyerahkan Bujja' (tombak) yang dipakai pertunjukan kepada Bupati Achmad Fauzi sebagai ucapan selamat datang.


Menurut Hasan Basri Menca merupakan salah satu tradisi khas suku Bajo di Pulau Sapeken yang dilestarikan secara turun temurun.


Suku Bajo sendiri merupakan salah satu suku yang menetap di Pulau Sapeken, di luar suku Madura, Jawa, dan Bali. Meski beragam suku, masyarakat di pulau tersebut tetap hidup rukun satu dengan yang lainnya.


Pada acara silaturahmi di halaman Kantor Kecamatan Sapeken, Bupati Achmad Fauzi menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat dan memaparkan program yang bakal dikerjakan tahun ini di Pulau Sapeken.


Bupati Achmad Fauzi mengatakan, Safari Kepulauan tersebut merupakan salah satu agenda Pemkab Sumenep dalam rangka menyapa masyarakat di wilayah kepulauan.


Makanya, dia membawa para pimpinan OPD untuk memastikan aspirasi masyarakat Pulau Sapeken terakomodir dengan baik.


"Kami ingin menyapa sekaligus melihat langsung kondisi masyarakat di kepulauan, sehingga kami bisa tahu secara pasti apa yang harus kami perbuat untuk warga kepulauan," ujar Bupati. (Rfq)

TerPopuler