Masih Ingat Kentos? Ternyata Bukan Makanan Bocil Biasa -->

Masih Ingat Kentos? Ternyata Bukan Makanan Bocil Biasa

Selasa, 14 Juni 2022, 8:23 AM
loading...
Masih Ingat Kentos? Ternyata Bukan Makanan Bocil Biasa
Kentos atau tombong kelapa. (FP Obat Herbal)


E-KABARI.com - Masih ingat dengan Kentos? Ya, kentos atau tombong merupakan cikal bakal pembentukan tunas kelapa.


Kentos kelapa bentuknya bulat dan terletak di dalam daging buah kelapa yang sudah tua. Waktu kecil, Anda yang hidup di kampung pasti pernah menikmatinya.


Namun, ternyata Kentos bukan makanan bocil (bocah kecil) biasa. Bagian dari kelapa ini rupanya memiliki manfaat luar biasa.


Dilansir dari Instagram @zaidulakbar, Selasa, 14 Juni 2022, manfaat luar biasa pada Kentos tak lain karena kandungannya.


"Kentos seperti ini kalo kita baca penelitiannya, ternyata masih punya manfaat yang luar biasa," kata dr. Zaidul Akbar.


Kandungan mineral seperti kalium, mangan, kalsium, fosfor, magnesium, selenium, termasuk karbohidrat dan serat masih banyak dalam kentos yang berasal dari air kelapa.


"Dengan kuasa Allah, Dia ubah air kelapa menjadi padat agar tetap bermanfaat bagi manusia," ujar dr. Zaidul Akbar.


Menariknya lagi, lanjut dokter yang juga dai itu, Kentos bisa dijadikan produk tepung sehat dan disebutkan memiliki efek anti depresan dan memiliki aktivitas enzim lipase (enzim pemecah lemak) yang tinggi.


Dengan kandungan tersebut, Kentos di antaranya bermanfaat untuk melancarkan BAB, menjaga sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang, dan sumber antioksidan.


Tak hanya itu, dr. Zaidul Akbar menyebut ada dua pesan penting dari penciptaan Kentos.


"Ada dua pesan penting buat saya dari sini. Pertama kuasa Allah yang dengan rahmatNya, Dia ubah air kelapa menjadi bentuk padat seperti kentos ini sehingga tetap bermanfaat untuk manusia," ungkapnya.


Kedua, sebenarnya banyak masalah kesehatan saat ini karena berlimpahnya makanan minuman miskin serat, miskin mineral, berlimpah gula olahan yang akhirnya memunculkan masalah baru dalam tubuh.


Bahkan penyakit-penyakit yang timbul akibat makanan sampah tersebut sebenarnya bisa diataai dengan memperbaiki asupan mineral.


"Sehingga sekarang perlu digalakkan ke masyarakat slogan perbaiki asupan mineralnya, meski sedikit yang diperlukan tubuh tapi bisa membuat sistem tubuh bermasalah," jelas dr. Zaidul Akbar.


Dia menyayangkan banyak orang yang tidak menyadari kekurangan asupan mineral, sehingga dengan makanan-makanan kurang bergizi tersebut semakin lama semakin banyak kekurangan mineral dalam tubuh.


"Sedang di sekitar kita berlimpah sumber mineral penting yang sudah disiapkan Allah," tandas dr. Zaidul Akbar. (*)


Sumber: Instagram @zaidulakbar
Editor: Rafiqi

TerPopuler