Ketua Komisi III DPRD Sumenep Apresiasi Safari Kepulauan Bupati Achmad Fauzi -->

Ketua Komisi III DPRD Sumenep Apresiasi Safari Kepulauan Bupati Achmad Fauzi

Minggu, 05 Juni 2022, 8:59 PM
loading...
Ketua Komisi III DPRD Sumenep Apresiasi Safari Kepulauan Bupati Achmad Fauzi
Ketua Komisi III DPRD Sumenep, H. Dul Siam, S.Ag, M.Pd. (paling kiri) saat menghadiri silaturrahmi Bupati Sumenep dan jajaran Forkopimda bersama masyarakat di pendopo Kecamatan Raas, Ahad (5/6/2022) sore. (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sumenep H. Dul Siam mengapresiasi Safari Kepulauan tahun 2022 yang dilakukan Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama jajaran Forkopimda.


Pasalnya, Safari Kepulauan yang dilakukan Bupati Sumenep Achmad Fauzi setiap tahun itu dalam rangka untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung.


"Jadi, kami sangat mengapresiasi Pak Bupati yang mau turun langsung untuk mendengarkan aspirasi masyarakat," kata Dul Siam, usai kegiatan Silaturahmi di Pendopo Kecamatan Raas, Ahad, 6 Juni 2022 sore.


Yang penting, kata legislator asal kepulauan itu, semua hasil serap aspirasi masyarakat kepulauan benar-benar ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


Jangan sampai, Safari Kepulauan hanya menjadi ajang menyapa masyarakat, menyerap aspirasi mereka tanpa tindak lanjut  apapun dari Pemerintah Daerah.


"Makanya tidak jadi soal bagi kami kunjungan kerja ini menghabiskan biaya berapa, tidak masalah yang penting Bupati bersama OPD itu turun ke kepulauan ada manfaat yang diterima oleh masyarakat," ujar Dul Siam.


Bahkan, anggaran puluhan miliar yang dihabiskan Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk agenda tersebut, termasuk yang digelontorkan untuk perbaikan jalan, membangun jaringan internet dan program lainnya masih tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat kepulauan.


Sebab, disparitas yang terjadi antara daratan dan kepulauan, khususnya di bidang infrastruktur masih sangat jauh.


"Kepulauan itu dari berbagai sisi jauh tertinggal daripada daratan, sehingga ketika ada anggaran besar pun itu masih layak diberikan untuk kepulauan," imbuh Dul Siam.


Supaya tidak hilang begitu saja, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan DPRD Sumenep akan mengawal program yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.


Bagaimanapun, anggota legislatif memiliki kewajiban untuk memastikan komitmen Pemkab Sumenep terhadap nasib masyarakat kepulauan benar-benar terwujud.


"Makanya saya ikut dalam Safari Kepulauan ini secara pribadi dan kelembagaan ya ikut mengawal bahwa Pak Bupati dan OPD datang ke pulau harus betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat pulau," pungkas Dul Siam.


Untuk diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep bersama jajaran Forkopimda melakukan Safari Kepulauan selama 5 hari menuju 5 pulau di 4 kecamatan untuk menyerap aspirasi masyarakat.


Rombongan berangkat dari Pelabuhan Kalianget pada Kamis, 2 Juni 2022 pukul 18.10 WIB menuju Pulau Sapeken, dan dijadwalkan bertolak ke Kota Sumenep, Senin, 6 Juni 2022 dini hari.


"Kami ingin menyapa sekaligus melihat langsung kondisi masyarakat di kepulauan, sehingga kami bisa tahu secara pasti apa yang harus kami perbuat untuk warga kepulauan," kata Bupati Achmad Fauzi saat wawancara dengan media di Pelabuhan Sapeken, Jumat, 3 Juni 2022. (*/Rfq)

TerPopuler