Wabup Sumenep: Peningkatan Ekonomi Produktif Harus dari Hulu ke Hilir -->

Wabup Sumenep: Peningkatan Ekonomi Produktif Harus dari Hulu ke Hilir

Kamis, 03 Februari 2022, 10:07 PM
loading...
Peningkatan Ekonomi
Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah saat mengisi Seminar Ekonomi yang digelar Posko Pemoeda II Kukerta '22 STAIM Sumenep di Desa Larangan Barma, Kecamatan Batuputih, Sumenep, Kamis (3/2/2022). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah menyampaikan, peningkatan ekonomi produktif harus dari hulu ke hilir.


Hal tersebut disampaikan Wabup Nyai Eva ketika menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Ekonomi yang digelar mahasiswa Posko Pemoeda II Kukerta '22 STAIM Sumenep di Desa Larangan Barma, Kecamatan Batuputih, Kamis, 3 Februari 2022.


Wabup mengapresisi inisiatif mahasiswa Kukerta '22 STAIM Sumenep menggelar seminar bertema "Meningkatkan Produktivitas Ekonomi Masyarakat dengan Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam".


Dia senang semua pihak bisa berkolaborasi meningkatkan potensi sumber daya alam yang ada di  Kabupaten Sumenep, khususnya di Desa Larangan Barma.


"Apa yang harus dibaca dari potensi-potensi sumber daya alam yang ada? Saya ingin pemberdayaan masyarakat ini harus dengan peningkatan ekonomi produktif dari hulu ke hilir," ujar Wabup Nyai Eva.


Wabup mencontohkan konsep peningkatan ekonomi produktif dari hulu ke hilir dalam produk UMKM. Menurutnya, peningkatan produk UMKM yang ada di masyarakat harus dilakukan dengan menjaga kesinambungan sumber produktivitasnya.


"Bagaimana ketika pisang diolah harus ada bibit-bibit pisang yang ditanam kembali. Bukan kemudian produktivitasnya jalan, tapi sumber produktivitasnya tidak dijaga, sehingga bibitnya hilang," terangnya.


Untuk itu, kesinambungan sumber produktivitas UMKM dari potensi sumber daya alam yang ada di desa harus terus dijaga oleh masyarakat, supaya produktivitas UMKM-nya pun lancar.


"Insyaallah kami siap bekerja sama untuk mendampingi ibu-ibu sekalian sampai produk ibu-ibu sekalian value (nilai) harganya bisa naik dan bisa tembus pasar internasional," tegas Wabup Nyai Eva.


Komitmen Wabup Sumenep itu sesuai dengan harapan Choirul Anam, Ketua Panitia Seminar Ekonomi Posko II Kukerta STAIM Sumenep.


Pihaknya sengaja menghadirkan Wabup Nyai Eva supaya masyarakat bisa berdialektika langsung tentang potensi sumber daya alam yang ada di Desa Larangan Barma.


"Kami juga berharap masyarakat mendapatkan pendampingan langsung mengenai produk yang sudah ada agar segmentasi pasarnya tidak hanya regional, tapi bisa tembus nasional, syukur-syukur tembus pasar internasional," kata Choirul. (Dai/Rfq)

TerPopuler