Sumenep akan Gelar Anugerah Inovasi Daerah, Tiga Elemen Ini Silakan Daftar -->

Sumenep akan Gelar Anugerah Inovasi Daerah, Tiga Elemen Ini Silakan Daftar

Selasa, 28 September 2021, 8:23 AM
loading...
Anugerah Inovasi Daerah
Sosialisasi Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Sumene Tahun 2021. (Foto IST/Bappeda Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan menggelar Anugerah Inovasi Daerah kepada tiga elemen yang memiliki peran strategis di Kabupaten Sumenep.


Ketiga elemen tersebut yakni perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sumenep, Puskesmas dan masyarakat. Kategori masyarakat sasarannya sangat luas, bisa individu atau kelembangaan.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Yayak Nurwahyudi mengatakan, peningkatan daya saing antar daerah merupakan agenda penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat saat ini.


Namun untuk meningkatkan daya saing itu, daerah-daerah harus mampu melakukan terobosan dan inovasi di segala bidang, seperti pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan urusan lain yang menjadi kewenangan daerah.


"Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah pasal 7 ayat (1) disebutkan bahwa usulan inisiatif inovasi daerah dapat berasal dari Kepala Daerah, anggota DPRD, ASN, perangkat daerah dan anggota masyarakat," kata Yayak Nurwahyudi, Senin (27/9/2021).


Karena itulah untuk mendorong inovasi daerah, Pemkab Sumenep akan menggelar Anugerah Inovasi Daerah kepada tiga elemen yang memiliki peran strategis di Sumenep.


“Anugerah inovasi ini kita harapkan menjadi pendorong dan motivator bagi aparatur sipil negara juga kalangan masyarakat untuk terus berlomba-lomba dalam membuat inovasi-inovasi yang bisa memberikan manfaat kepada kemajuan Kabupaten Sumenep,” tutur Yayak Nurwahyudi.


Dia menjelaskan, Anugerah Inovasi Daerah merupakan bentuk komitmen Pemkab Sumenep dalam meningkatkan daya saing daerah. Karena jika daya saing daerah tinggi, maka akan berbanidng lurus dengan kemajuan daerah itu sendiri.


Sehingga, Yayak berharap kepada masyarakat Sumenep yang memiliki inovasi untuk mendaftarkan inovasinya sesuai pedoman teknis yang telah disiapkan oleh panitia.


“Kita siapkan penghargaan berupa tropi, piagam dan uang pembinaan puluhan juta rupiah untuk para pemenang di tiga kategori. Tetapi jangan diliat hadiahnya saja, ini adalah bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam menghargai inovasi dan kreasi masyarakat Sumenep” tegasnya.


Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Sumenep dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama yakni pendaftaran dan penyerahan proposal inovasi yang dimulai tanggal 21 September-25 Oktober 2021. Selanjutnya tahap seleksi proposal mulai tanggal 26-30 Oktober 2021.


Bagi peserta yang lolos tahap seleksi proposal akan diberikan kesempatan mempresentasikan proposal inovasinya di depan para juri pada tangal 2-3 November 2021. Pada tahap ini akan diambil 5 proposal terbaik dari semua kategori.


Tahap terakhir, pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah direncanakan pada tanggal 05 November 2021. (*/Fiq)

TerPopuler