Peringati Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Alimka Gelar Kajian Kebangsaan -->

Peringati Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Alimka Gelar Kajian Kebangsaan

Selasa, 01 Juni 2021, 4:24 PM
loading...
Hari Lahir Pancasila
Peringati Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Alimka Gelar Kajian Kebangsaan. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kapedi (Alimka) peringati Hari Lahir Pancasila yang jatuh tanggal 01 Juni, untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan yang telah melahirkan Pancasila.


Kajian Kebangsaan bertajuk “Refleksi Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2021” itu bertempat di Dusun Aeng Pa’ak, Desa Kapedi, Kecamatan Bluto, Sumenep, Selasa (01/06/2021).


Alimka mengundang langsung mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Zeyn Ar-Rahman sebagai pemateri dalam kajian tersebut, dengan moderator Mufti Umam Al-Fajri, mahasiswa IAIN Madura asal Kapedi Sumenep.


Selain pengurus Alimka, kajian dihadiri oleh puluhan mahasiswa Kapedi, dan Guru Instruktur Metode Tilawati.


Ketua Umum Alimka, Moh. Anwar mengatakan, tujuan diadakan kajian kebangsaan tersebut sebagai bentuk refleksi mahasiswa mengingat kembali Hari Lahir Pancasila di tanggal 01 Juni 2021 ini.


“Bagaimana kita sebagai mahasiswa sebagai pemuda ini agar tetap melestarikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila untuk Indonesia lebih bermartabat,” kata Anwar, sapaan akrabnya, ketika sambutan.


Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam IAIN Madura itu berharap, mahasiswa maupun pemuda bertindak bagaimana cara menumbuhkan semangat juang dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila.


“Sehingga, cita-cita luhur yang menjadi tujuan dari Pancasila itu sendiri tertanam, khususnya untuk para pemuda dan umumnya masyarakat luas,” sambung Anwar.


Sementara Pemateri, Zeyn Ar-Rahman berpesan terhadap mahasiswa serta sejumlah pemuda Desa Kapedi agar merefleksikan diri terhadap nilai-nilai Pancasila yang telah dihadiahkan oleh para pahlawan terdahulu.


“Semoga dapat mengenang jasa pahlawan sebagai penghargaan besar kita terhadap mereka yang telah memperjuangkan Indonesia, karena berkat pahlawan Indonesia pula dapat dirumuskanlah dasar negara yaitu Pancasila,” ungkapnya. (Hanafi/Helmy/Fiq)

TerPopuler