Suasana Pandemi, Pemkab Sumenep Laksanakan Gema Takbir Idul Fitri 1442 Hijriah secara Virtual -->

Suasana Pandemi, Pemkab Sumenep Laksanakan Gema Takbir Idul Fitri 1442 Hijriah secara Virtual

Rabu, 12 Mei 2021, 11:32 PM
loading...
Gema Takbir Idul Fitri 1442 Hijriah
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi didampingi jajaran Forkopimda memukul bedug tanda dimulainya Gema Takbir Idul Fitri 1442 Hijriah secara virtual, Rabu (12/05/2021) malam. (Foto WY/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep melaksanakan Gema Takbir Idul Fitri 1442 Hijriah secara virtual pada malam lebaran, Rabu (12/05/2021).


Kegiatan ini dipusatkan di Pendopo Agung Keraton Sumenep diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati bersama jajaran Forkopimda serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep.


Adapun seluruh kecamatan mengikuti Gema Takbir Idul Fitri kali ini dari masing-masing kantor kecamatan secara online.


Pemukulan bedug oleh Bupati Fauzi menjadi pertanda dimulainya takbir pada malam kemenangan seluruh umat Islam ini.


Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan agar umat Islam di Kabupaten Sumenep yang merayakan Idul Fitri di tengah suasana pandemi Covid-19 jangan sampai memutus silaturahim.


Sebab, Hari Raya Idul Fitri adalah salah satu momen yang tepat untuk mempererat tali silaturahim dan memperkuat hubungan persaudaraan sesama muslim maupun sesama anak bangsa.


Sehingga, di tengah pandemi Covid-19 umat Islam di Sumenep diharapkan tetap menjalin silaturahim dengan baik dengan keluarga, kerabat dan temannya.


"Hanya saja dalam bersilaturahim kali ini tentu berbeda dengan sebelum wabah virus Corona, mengingat tidak memungkinkan bertemu secara fisik," ungkap Bupati.


Karena itu, bersilaturrahim lebaran kali ini tidak harus bertemu secara fisik. Demi mencegah penularan Covid-19, umat Islam bisa melakukannya dengan pertemuan secara virtual melalui sambungan telepon genggam dan alat komunkasi lainnya untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar.


“Umat muslim yang merayakan lebaran Idul Fitri 2021 dengan melakukan silaturahmi secara virtual tidak akan mengurangi esensi persaudaraan, mengingat kondisi saat ini berbeda dengan sebelum terjadinya pandemi Covid-19,” jelas Bupati Fauzi.


Makanya, Pemkab Sumenep mengajak masyarakat saat merayakan lebaran kali ini benar-benar mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker. Yang demikian tidak lain sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Sumenep.


“Kami mengharapkan Idul Fitri tahun ini adalah momentum bagi umat Islam di Sumenep untuk menekan laju penularan Covid-19. Karena apabila kesehatan pulih, tentu berdampak kepada ekonomi yang bangkit kembali,” tandas Fauzi. (RK/Fiq)

TerPopuler