Khidmat DPC PWRI Sumenep, Berikan Bantuan pada Imam Shalat Tarawih -->

Khidmat DPC PWRI Sumenep, Berikan Bantuan pada Imam Shalat Tarawih

Selasa, 11 Mei 2021, 8:40 PM
loading...
PWRI Sumenep
BERBAGI: Ketua DPC PWRI Sumenep, Helman JR (kiri) dan Sekretaris DPC PWRI Sumenep, Rusydiyono (kanan) saat menyerahkan bantuan pada Imam Shalat Tarawih di lingkungan tempat tinggalnya. (Foto Dok. PWRI Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memberikan bantuan kepada Imam Shalat Tarawih.


Khidmat wartawan yang tergabung di PWRI Sumenep di bulan Ramadan 1442 Hjiriah tersebut berupa sarung dan paket sembako.


Ketua DPC PWRI Sumenep, Helman mengungkapkan, Imam Shalat Tarawih dipilih pihaknya sebagai sarana berburu berkah Ramadan bukan tanpa alasan. Menurut Helman, sasaran penerima bantuan lain seperti takmir masjid, guru ngaji, anak yatim dan kaum duafa sudah banyak yang dibantu Bupati Achmad Fauzi dan Wabup Nyai Dewi Khalifah serta para dermawan.


"Makanya kami memilih sasaran lain untuk berbakti dan berburu berkah Ramadan," terang Helman, Selasa (11/05/2021).


Karena biasanya, lanjut wartawan asal Ganding itu, yang menjadi Imam Shalat Tarawih di tiap mushalla dan masjid tidak hanya satu orang dari takmir masjid atau kiai saja. Akan tetapi, ada orang lain yang diberi jadwal atau ditunjuk menjadi Imam Tarawih secara bergantian selama bulan Ramadan.


Adapun orang yang diamanahi menjadi Imam Shalat Tarawih kalau tidak tokoh masyarakat biasanya adalah para santri senior atau santri setempat yang sedang libur pesantren.


"Atas dasar itu, bantuan PWRI kami salurkan kepada Imam Tarawih, dengan tujuan untuk menghargai pengabdiannya karena telah ikhlas dan Istiqomah menjadi Imam Tarawih, walaupun kami yakin mereka para imam tidak mengharapkan apa-apa dari tugasnya itu selain ridha dari Allah SWT," ucap Helman.


Penyerahan bantuan DPC PWRI Sumenep kali ini juga berbeda dengan Ramadan tahun lalu, yang mengundang sejumlah abang becak ke Sekretariat di Jl. KH Mansyur Podak, Pabian, Kecamatan Kota Sumenep.


Bantuan pada Imam Shalat Tarawih itu diberikan secara langsung kepada yang bersangkutan dengan cara diantarkan ke rumah atau mushalla, dan masjid oleh perwakilan pengurus PWRI Sumenep yang tersebar di beberapa kecamatan.


"Cara tersebut kami lakukan untuk menghindari kerumunan, mengingat bulan Ramadan kali ini masih dalam situasi pandemi Covid-19," tandas Helman. (RY/Fiq)

TerPopuler