Kandang Ternak Warga Guluk-Guluk Sumenep Terbakar Gara-Gara Ini -->


Kandang Ternak Warga Guluk-Guluk Sumenep Terbakar Gara-Gara Ini

Sabtu, 24 April 2021, 8:45 PM
loading...
Kebakaran
Kondisi kandang Sapi milik Bu Sulhan, warga Guluk-Guluk, Sumenep pasca terbakar pada Sabtu (24/04/2021) siang. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Kandang ternak milik warga Desa Guluk-Guluk, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep terbakar sekira pukul 11.30 WIB, Sabtu (24/04/2021).


Peristiwa yang terjadi di Dusun Guluk-Guluk ini menimpa warga bernama Ibu Sulhan tak lama setelah korban meninggalkan kandang sapinya itu sekitar 10.45 WIB.


Awalnya, Bu Sulhan membersihkan sisa-sisa makanan Sapi miliknya di dalam kandang berupa rumput yang berceceran.


Sisa rumput yang sudah tidak terpakai itu kemudian ditumpuk jadi satu di sebelah sapinya, lalu dibakar sebagai pengusir nyamuk atau lalat yang mengganggu si Sapi.


"Ini dilakukan oleh Bu Sulhan setiap hari," kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S, Sabtu (24/04/2021) sore.


Upaya mengusir nyamuk selasai, Bu Sulhan lalu pergi mencari rumput segar untuk pakan Sapi ternaknya yang tidak jauh dari kandang.


Namun tak berselang lama, tiba-tiba Bu Sulhan melihat kepulan asap dari kandang sapinya yang semakin membesar, sehingga langsung mengecek ke lokasi.


"Sesampainya di kandang, Bu Sulhan melihat kandang ternaknya sudah mengalami kebakaran lebih separuh," ujar AKP Widi.


Reflek, Bu Sulhan pun langsung berteriak minta tolong pada tetangga sambil mengeluarkan Sapinya yang sudah mengalami luka bakar.


Beruntung warga yang datang langsung membantu memadamkan api, dan Sapi milik Bu Sulhan juga berhasil diselamatkan.


Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti menyebut penyebab terjadinya kebakaran yang di alami Bu Sulhan karena korban membakar sisa rumput pakan Sapinya di dalam kandang yang juga dijadikan tempat penyimpanan kulit Jagung.


"Kulit Jagung tersebut sangat mudah terbakar, sehingga saat Bu Sulahn membakar sisa rumput Sapi ternaknya, kulit Jagung yang berada di dalam kandang pun ikut terlalap api," jelas AKP Widi.


Meski ternaknya selamat, akibat kebakaran ini, Bu Sulhan tetap mengalami kerugian materi atas kandang ternaknya yang ditaksir kurang lebih Rp 3,5 juta. (RK/Fiq)

TerPopuler