Maraton, Musrenbangdes Program 2022 di Kecamatan Rubaru Selesai dalam 5 Hari -->


Maraton, Musrenbangdes Program 2022 di Kecamatan Rubaru Selesai dalam 5 Hari

Kamis, 21 Januari 2021, 9:10 PM
loading...
Musrenbangdes
Musrenbangdes Tahun 2021 untuk Program Pembangunan Tahun 2022 Desa Matanair di Pendopo Kecamatan Rubaru, Sumenep, Kamis (21/01/2021). (Foto WY/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Kecamatan Rubaru, Sumenep selesai dalam 5 hari.


Musrenbangdes untuk usulan program pembangunan tahun 2022 itu digelar secara maraton setiap hari aktif di Pendopo Kecamatan Rubaru.


Secara bergantian, setiap harinya dilaksanakan Musrenbangdes untuk dua desa hingga hari terakhir, Kamis (21/01/2021) untuk Desa Matanair.


Camat Rubaru, Arif Susanto menyampaikan, Musrenbangdes sengaja dilaksanakan di pendopo kecamatan guna mendukung kelancaran urun rembuk usulan program pembangunan untuk tahun 2022.


Melalui Musrenbangdes setiap desa mengusulkan fisik maupun non fisik, ekonomi, sosial budaya dan lainnya yang akan dilanjutkan ke tingkat Musrenbangcam.


“Intinya adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat mengenai usulan untuk desa di Kecamatan Rubaru anggaran tahun 2022,” jelas Arif, Kamis (21/01/2021) siang.


Nantinya, berbagai usulan dari desa tersebut akan dilanjutkan ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).


SIPD kata Arif merupakan sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.


“(Data dari) SIPD tersebut nantinya oleh operator akan diajukan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),” terang Camat Rubaru itu.


Untuk Musrenbangcam Rubaru sendiri direncanakan terlaksana di awal bulan Februari 2021.


“Kami berharap prioritas usulan dari desa yang ada di Kecamatan Rubaru dapat respon dari Pemerintah Kabupaten,” tandasnya. (WY/Fiq)

TerPopuler