Selain Wisata Oksigen, Giliyang Juga Punya Wisata Pantai Ropet -->

Selain Wisata Oksigen, Giliyang Juga Punya Wisata Pantai Ropet

Sabtu, 14 November 2020, 3:47 PM
loading...
Pantai Ropet Giliyang
Salah satu wisatawan berfoto di ujung tebing karang Pantai Ropet Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek, Sumenep. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.COM - Ada wisata bagus nan cantik di Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep selain wisata kesehatan oksigen.


Meski sudah terkenal dengan wisata kesehatan dengan oksigen tertinggi mencapai 21,5 persen, Giliyang juga punya destinasi wisata Pantai Ropet.


Lokasi pantai ini tidak jauh dari titik pusat lokasi oksigen di pulau tersebut.


Meskipun keberadaan Pantai Ropet masih belum sepopuler Pulau Gili Labak Talango dan Pantai Sembilan di Giligenting, namun pantai tersebut tidak kalah menarik dan tidak kalah keren untuk menyuguhkan pemandangan yang eksotis.


Pantai Ropet memiliki perbedaan dengan pantai-pantai yang lain di Sumenep. Jika pantai biasanya dihiasi dengan taburan pasirnya yang memukau, Pantai Ropet justru memiliki liuk tebing batu karang yang elegan dan memiliki nuansa memukau.


Ya, Pantai Ropet memiliki banyak sekali terumbu karang yang tumbuh subur. Bahkan bisa dikatakan yang mendominasi pantai tersebut adalah terumbu karang.


Meskipun tidak berpasir seperti pantai biasanya, namun keindahan serta keeksotisan Pantai Ropet tetap tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini bisa dibuktikan dengan para wisatawan yang datang ke sana dan menikmati spot selfie.


“Intinya pemandangan di sana itu luar biasa indah, apalagi kalau di waktu sore,” cerita Anshori, salah satu pengunjung Pantai Ropet, Sabtu (13/11/2020) pagi.


Menurut dia, bentuk Pantai Ropet unik karena melengkung seperti huruf ‘U’ masuk ke dalam dan hampir mirip seperti sebuah teluk. Sehingga, semakin sempurnalah pemandangan dan keindahan Pantai Ropet.


Karena itu, Pantai Ropet bisa menjadi daftar tempat bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen selfie. Dan waktu yang pas untuk swafoto tersebut yaitu di sore hari sambil lalu menikmati sunset.


“Tidak hanya itu, teman-teman wisatawan yang ke Pantai Ropet juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan cara snorkeling,” imbuh Anshori.


Meskipun jarak tempuh untuk sampai di Pantai Ropet cukup memakan waktu. Namun setelah sampai di lokasi, rasa lelah dan lesu para wisatawan akan terbayar.


Dari pusat Kota Sumenep ke Kecamatan Dungkek, wisatawan hanya butuh waktu 46 menit dengan jarak tempuh 30 kilometer menggunakan sepeda motor.


Kemudian untuk sampai di Pulau Giliyang dari Kecamatan Dungkek, wisatawan harus menyebrangi laut yang sudah disediakan perahu dari pelabuhan Dungkek sekitar 40 menit sampai di pelabuhan Giliyang.


Akhirnya, selamat menikmati keindahan dan kemewahan pemandangan indah Wisata Pantai Ropet Giliyang. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesopanan dan kelestarian pantai selama di sana. (Rif/Fiq)

TerPopuler