Tim FRPB Pamekasan Berhasil Tangani Kebakaran Lahan di Sentol -->


Tim FRPB Pamekasan Berhasil Tangani Kebakaran Lahan di Sentol

Senin, 12 Oktober 2020, 8:08 PM
loading...

Kebakaran Lahan
Tim FRPB Pamekasan saat beraksi melakukan pemadaman api yang membakar lahan di daerah Sentol, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Senin (12/10/2020). (Foto for E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Tim FRPB Pamekasan berhasil menangani kebakaran lahan di daerah Sentol, Kecamatan Pademawu, bersama tim Damkar BPBD.


Tim FRPB Pamekasan mendapatkan informasi tentang adanya kebakaran lahan kosong di daerah Sentol itu pada pukul 13.24 WIB via WhatsApp berupa kiriman video.


"Saya segera berkoordinasi dengan pihak Damkar," ujar Koordinator FRPB Pamekasan Budi Cahyono melalui Humas FRPB, Hendra HL, Senin (12/10/2020) malam.


Kemudian Tim FRPB langsung meluncur ke lokasi kebakaran bersama Tim Damkar, namun terkendala dengan akses masuk mendekati titik api karena tidak ada jalan.


"Kami tiba di lokasi jam 13.30, namun kesulitan mencari jalan untuk masuk serta penelepon dicoba dihubungi tetapi tidak diangkat. Akhirnya, kami berinisiatif memutar, tapi Damkar kesulitan untuk masuk ke lokasi," jelas Hendra pada E-KABARI.COM.


Tak putus asa, Humas FRPB itu mengatakan pihaknya tetap berusaha mendekati titik api menggunakan Damkar mini milik FRPB untuk memadamkan kobaran api.


"Kami bisa mendekati titik api sekitar puku 14.00 WIB dan personel kita mencoba melokalisir titik api dengan cara manual agar api tidak semakin meluas," tuturnya.


Dugaan sementara kebakaran terjadi karena ada orang membakar sampah, mengingat lokasi lahan sekitar 50x30 meter persegi itu sangat dekat dengan pemukiman warga.


"Alhamdulilah tim kami bisa menjinakkan api tersebut meskipun menggunakan damkar mini. Sebelum balik ke Posko Bakorwil, kami melakukan penyisiran kembali lahan yang terbakar dan memastikan tidak ada bara api yang menyala," pungkas Hendra. (Ir/Fiq)

TerPopuler