Bupati PALI Launching Buku Suara Millenial Karya Siswa, Ini Pesannya -->

Bupati PALI Launching Buku Suara Millenial Karya Siswa, Ini Pesannya

Rabu, 12 Agustus 2020, 8:02 PM
loading...
Bupati PALI Launching Buku Suara Millenial Karya Siswa, Ini Pesannya
Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo, MM foto bersama pemenang reward tulisan terbaik saat Soft Launching buku Suara Millenial, Rabu (12/08/2020). (Foto Madhon/E-KABARI)

PALI, E-KABARI.COM - Bupati PALI, Heri Amalindo me-launching buku Suara Millenial yang digarap oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Rabu (12/08/2020).

Puncuran buku Suara Millenial tersebut bertempat di Lapangan Sanggar Pramuka Pensopo II Kebun Buah Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulia, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Hadir dalam peluncuran itu, pengisi buku yang tidak lain merupakan siswa-siswi SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi, yang mayoritas tergabung dalam ekstrakurikuler Karya Ilmiah dan Jurnalistik.

Buku Suara Millenial berisi karya tulis berbentuk Cerita Pendek (Cerpen) dari pengalaman ataupun yang kejadian yang dilihat maupun dialami oleh 57 siswa yang tercatat sebagai pengisi buku tersebut.

Ketua DPD KNPI PALI, M Anasrul DN mengatakan, mulanya dia melihat kegiatan anak-anak pelajar SMA N 2 Unggulan Talang Ubi mengikuti kegiatan ekstra di sekolah yang dinamakan Karya Ilmiah.

"Dari sana saya tantang mereka (Siswa, red) untuk membuat suatu karya ilmiah berupa tulisan, untuk disatukan menjadi sebuah buku," cerita Anasrul di hadapan tamu undangan, Rabu (12/08/2020).

Lebih lanjut, dijelaskan pria yang kerap disapa bung Anas itu, buku Suara Millenial merupakan terbitan pertama.

"Untuk ke depannya akan kita terbitkan setiap tahun. Edisi perdana ini digagas karena memang bermula dari SMA N 2 Unggulan. Ke depan kita akan adakan setiap SMA sederajat yang ada di Kabupaten PALI," imbuhnya.

Selain itu, saat ini KNPI juga mengadakan sayembara untuk tingkat SMA Sederajat di PALI untuk menulis tentang pembangunan yang dirasakan masyarakat setelah terbentuknya PALI dan jika sang penulis menjadi pemimpin daerah.

"Kita mencari satu tulisan untuk dimuat di majalah Gelora Pemuda edisi kedua pada November 2020 mendatang. Nanti tulisan terbaik akan kita beri reward berupa uang binaan sebesar satu juta rupiah," jelas Anas.

"Ada dua tema, yakni Jika Aku Menjadi Kepala Daerah dan tentang pembangunan yang dirasakan masyarakat sejak menjadi Kabupaten PALI. Nanti bisa menghubungi DPD KNPI langsung untuk pelajar yang ingin ikut sayembaranya," imbuh dia.

Bupati PALI, Heri Amalindo sangat mengapresiasi karya tulis dari sejumlah pelajar SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi itu, hingga dapat terbit sebagai buku berjudul Suara Millenial dan diluncurkan hari ini.

"Seseorang yang menulis, maka dia akan membaca, membaca adalah jendela dunia. Jadi, banyak manfaat dari kegiatan menulis. Terutama bagi pelajar di tengah kondisi pandemi seperti ini, salah satu aktivitas yang besar manfaatnya untuk dilakukan saat belajar di rumah," beber Bupati.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi, Irwansyah sangat berterima kasih atas dukungan Bupati PALI dan KNPI Kabupaten PALI hingga dapat di- launching-nya buku Suara Millenial yang di tulis oleh anak didiknya.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati PALI yang selalu memperhatikan dan mendukung untuk kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten PALI," ungkapnya.

"Juga kepada KNPI PALI yang telah menerbitkan buku Suara Millenial ini, di mana pelajar dapat menyampaikan suaranya dalam bentuk tulisan dan ditampung untuk dipublis," tandas Irwansyah. (Dhon/Fiq)

TerPopuler