Bupati Pamekasan Hadiri dan Buka Bazar Hewan Qurban di Balai Desa Samatan -->

Bupati Pamekasan Hadiri dan Buka Bazar Hewan Qurban di Balai Desa Samatan

Rabu, 22 Juli 2020, 2:41 PM
loading...
Bupati Pamekasan Hadiri Bazar Hewan Qurban di Balai Desa Samatan
Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam, S.Psi saat menyerahkan bibit rumput pakan ternak secara simbolis pada Kades Samatan, Moh. Tamyiz saat Bazar Hewan Qurban, Rabu (22/07/2020). (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam menghadiri dan membuka Bazar Hewan Qurban di Balai Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Pamekasan, Rabu (22/07/2020) pagi.

Bazar tersebut digelar Kepala Desa Samatan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Pamekasan juga Kelompok Dokapi guna menyediakan hewan qurban bagi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam ketika sambutan mengatakan, kegiatan bazar hewan qurban tersebut nantinya bisa mendorong lahirnya ekonomi dari desa, dengan harapan para peternak lain dapat terinspirasi.

"Dengan makanan khusus dan branding khusus, itu akan menjadikan ternak di Kabupaten Pamekasan berkualitas tinggi, dan harga jual akan ikut tinggi. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten akan selalu mendukung," ucap Bupati muda tersebut.

Bahkan, Bupati Baddrut mengajak semua peternak untuk mengubah data pekerjaaan yang awalnya bertuliskan petani atau pedagang di e-KTP menjadi peternak, jika pekerjaan sesungguhnya adalah peternak.

Pasalnya, selama ini kita sudah mengenal para petani, dan pedagang, tapi belum ada yang mengenal peternak, baik dari masyarakat maupun pemerintah.
"Untuk itu, ayo bagi yang pekerjaannya peternak, bisa menamakan dan menuliskan pekerjaan dirinya di e-KTP sebagai peternak," ajaknya.

Sementara itu, Kepala Desa Samatan, Moh. Tamyis mewakili ketua panitia acara tersebut mengatakan, ada 13 Kelompok yang mengikuti acara bazar hewan qurban itu.

"Ada Kelompok Kandang Rizki 99, H. Riski, Merah Putih, Sameran, Groom, Pakong, Unira, Luxson, Pak Latif, Pamoroh, MDMH Pademawu, Pak Jhon, dan Kelompok Galis," ungkapnya.

Yang membedakan bazar tersebut dari bazar hewan lainnya adalah sistem timbang hidup. Hal itu, kata Tamyiz bertujuan untuk meminimalisir adanya kecurangan harga.

"Selanjutnya ke depan bagaimana kita bisa mensosialisasikan hewan-hewan ternak untuk kesejahteraan para peternak yang ada di Kabupaten Pamekasan ini," imbuh Tamyis.

Selain dihadiri Bupati Baddrut Tamam, kegiatan bazar hewan qurban tersebut juga dihadiri juga oleh Wabup dan Sekda Pamekasan, serta Forkopimka Proppo.

Acara dimulai dengan penyerahan bibit rumput pakan ternak oleh Bupati Pamekasan kepada Kades Samatan.

Tak sekadar hadir dan membuka acara, Bupati Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Raja'e juga membeli seekor sapi dengan berat hampir 1 ton. (ADV/Ir/Fiq)

TerPopuler