Pemerintah Desa Gapura Barat Serahkan BLT DD Tahap I -->

Pemerintah Desa Gapura Barat Serahkan BLT DD Tahap I

Senin, 29 Juni 2020, 4:58 PM
loading...
Pemerintah Desa Gapura Barat Serahkan BLT DD Tahap I
Kepala Desa Gapura Barat, Rasidi bersama Kepala BPD Gapura Barat, Ali, menyerahkan BLT DD Tahap I secara simbolis kepada salah seorang penerima, Senin (29/06/2020) siang. (Foto WR for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Pemerintah Desa Gapura Barat, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Bulan April Tahun 2020, Senin (29/06/2020).

Penyerahan bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada terdampak Covid-19 tersebut dilaksanakan di Balai Desa Gapura Barat dimulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimka Gapura, yakni Sekcam Gapura, Kapolsek Gapura, dan Bhabinkamtibmas, juga Perangkat Desa dan seluruh jajaran BPD Gapura Barat, serta pendamping desa.

Kepala Desa (Kades) Gapura Barat, Rasidi menjelaskan, BLT DD tersebut diserahkan kepada 69 penerima dari lima dusun, yakni Dusun Polalang, Caremmi, Talesek, Pajagalan, dan Gunong.

Para penerima bantuan senilai Rp 600 ribu itu adalah warga kurang mampu dan kehilangan mata pencaharian karena pandemi Covid-19 yang ditetapkan melalui mekanisme dan aturan Pemerintah dengan mengacu pada Perppu Nomor 1 Tahun 2020.

Datanya, kata Rasidi, diperoleh Pemerintah Desa Gapura Barat dari relawan, yang kemudian ditetapkan sebagai Peraturan Kepala Desa (Perdes) dalam forum Musyawarah Desa (Musdes) Khusus.

"Setelah itu, kami serahkan kepada Camat untuk diverifikasi dan mendapat pengesahan dari Bupati Sumenep," ucap Rasidi, Senin (29/06/2020) siang.

Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf terkait keterlambatan penyerahan BLT DD Tahap I itu. Menurut Rasidi, hal itu terjadi karena seleksi data agar tidak tumpang tindih dengan jenis bantuan lainnya.

"Kami harus selektif, teliti, dan detail dalam memilih penerima bantuan ini agar tidak ada masyarakat yang menerima bantuan secara double," tutur Kades dua periode tersebut.

Di samping itu, Rasidi berharap agar BLT DD yang diterima oleh 69 warganya hari ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pemenuhan kebutuhan pokok keluarga, bukan untuk hal-hal tidak penting lainnya.

"Bantuan sebesar Rp 600 ribu sebulan ini mungkin tidak cukup, tetapi setidaknya bisa membantu, sehingga saya harapkan bisa dimanfaatkan dengan baik," tegasnya.

Sementara itu, Sekcam Gapura, Abd Said mengamini Kades Rasidi bahwa pendataan terhadap penerima BLT DD memang tidak mudah, mengingat ada kemungkinan bisa tumpang tindih dengan data penerima jenis bantuan lainnya.

"Penyerahan bantuan ini ada proses dan mekanismenya, salah satunya adalah penerima BLT DD tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan lain. Karena itu prosesnya memakan waktu yang lama," ungkap Said.

Sekcam Gapura itu juga menegaskan bahwa penerima BLT DD adalah mereka yang tidak tercover dalam bantuan lainnya, seperti BPNT dan PKH, maupun BST Kemensos RI dan BST dari Pemerintah Daerah.

"Ini harus kita pahami bersama. Jangan sampai nanti ada bahasa di masyarakat 'kenapa saya tidak dapat bantuan yang ini (BLT DD, red)', makanya saya sampaikan hari ini kepada penerima," pungkas Said.

Setelah seremonial berupa sambutan dari Kades Gapura Barat dan Sekcam Gapura, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan BLT DD secara simbolis kepada sejumlah warga penerima oleh Sekcam, Kapolsek, dan Kades Rasidi. (RK/Fiq)

TerPopuler