Kecamatan Rubaru Sudah Bentuk Kampung Tangguh di Semua Desa, Launching di Desa Banasare -->


Kecamatan Rubaru Sudah Bentuk Kampung Tangguh di Semua Desa, Launching di Desa Banasare

Jumat, 05 Juni 2020, 8:19 AM
loading...
Kecamatan Rubaru Sudah Bentuk Kampung Tangguh di Semua Desa, Launching di Desa Banasare
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim bersama Wakil Bupati Achmad Fauzi dan jajaran Forkopimda Sumenep, serta Camat dan Forkopimka Rubaru pada Launching Kampung Tangguh Semeru di Desa Banasare, Kamis (4/06/2020). (Foto WY/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah membentuk Kampung Tangguh Semeru di semua desa guna menghadapi dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Launching Kampung Tangguh tersebut dilakukan Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim di Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Kamis (4/06/2020) kemarin, dihadiri Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dan jajaran Forkopimda Kabupaten Sumenep.

Hadir pula Camat bersama Forkopimka Rubaru, sejumlah tokoh masyarakat, Para Kepala Desa di Kecamatan Rubaru, serta Kepala Desa dan Perangkat Desa Banasare, juga masyarakat setempat.

Camat Rubaru, Arif Susanto ketika sambutan menyampaikan, semua desa di Kecamatan Rubaru sudah berkomitmen siap membentuk Kampung Tangguh Semeru pada Jumat pekan lalu sebelum akhirnya mengundang Bupati Busyro untuk melakukan peresmian.

Di Kecamatan Rubaru, kata Camat Arif, ada 11 desa yang 5 desa di antaranya sudah siap beroperasi sebagai Kampung Tangguh Semeru. Kelimanya yaitu Dusun Banasare Laok Desa Banasare, Desa Tambaksari, Desa Pakondang, dan di Desa Rubaru.

"Jadi, semua desa siap. Minggu depan insyaallah kita sudah siaga penuh. Kita siap membantu Pemerintah Daerah melawan Covid-19 dengan memutus rantai penyebarannya," ungkap Camat Teladan itu.

Guna mencegah terjadinya kerumunan massa, pihak Kecamatan Rubaru juga sudah berkoordinasi dengan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) di Kecamatan Rubaru terkait peniadaan Haflatul Imtihan tahun ini.

"Alhamdulillah kemarin kita sudah koordinasi sama KKM, dan mereka mengerti untuk tidak melaksanakan imtihanan dulu mengingat pentingnya mematuhi protokol pencegahan Covid-19," tutur Arif.

Sementara itu, Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Camat dan Kepala Desa di Kecamatan Rabaru atas terbentuknya Kampung Tangguh Semeru secara serentak.

"Saat ini ada kecamatan lain bersama desa-desa yang masih konsultasi pembentukan Kampung Tangguh, di Kecamatan Rubaru semua desa satu kecamatan sudah membentuk. Ini harus diapresiasi," ungkapnya.

Bupati Busyro menyatakan keberadaan Kampung Tangguh Semeru sangat penting guna menghadapi dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Sebab, itu merupakan langkah awal untuk melakukan kebijakan anggaran yang bisa difokuskan kepada kampung tangguh.

"Kampung tangguh itu tangguh dari sisi kesehatannya karena sekarang ada virus Corona. Kemudian kuat dari sisi ekonomi dengan adanya lumbung pangan. Saya lihat tadi lumbung pangannya," terang Bupati.

Untuk itu, pihaknya berterima kasih atas terbentuknya Kampung Tangguh Semeru di Kecamatan Rubaru. Bupati Busyro berharap semua pihak mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan adanya Kampung Tangguh Semeru tersebut.

"Mudah-mudahan Kecamatan Rubaru secara keseluruhan benar-benar menjadi kecamatan yang tangguh. Tangguh SDM-nya, kesehatannya, ekonominya, dan keamanannya," harap Bupati Busyro.

Selain peresmian Kampung Tangguh Semeru, Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi yang ikut hadir waktu itu menyerahkan bantuan berupa masker dan sambako pada Kades Banasare untuk Lumbung Pangan Kampung Tangguh di desa tersebut. (RK/Fiq)

TerPopuler