Bantu Perangi Covid-19, INSAP Pamekasan Lakukan SABID -->


Bantu Perangi Covid-19, INSAP Pamekasan Lakukan SABID

Jumat, 24 April 2020, 12:58 PM
loading...
Bantu Perangi Covid-19, INSAP Pamekasan Lakukan SABID
Kolase foto saat sejumlah santri dari BPP INSAP Pamekasan melakukan Safari Bersih-Bersih Masjid. (Foto Kholisin for E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Badan Pengurus Pusat Ikatan Santri dan Alumni Plakpak (BPP INSAP) Pamekasan melakukan Safari Bersih-Bersih Masjid (SABID) se-Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, sejak Rabu (22/04/2020) kemarin.

Kegiatan yang digelar bersama beberapa Ranting INSAP dari berbagai Pondok Pesantren yang tergabung di INSAP itu tak lain untuk membantu pemerintah memerangi Virus Corona Disease (Covid-19).

Selama dua hari berturut-turut, aksi SABID sukses terlaksana. Hal ini sebagaimana disampaikan Subairi dan Imron, keduanya merupakan Ketua Ranting INSAP Pondok Pesantren Banyuanyar dan Bata-Bata, Pamekasan.

"Agenda ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut untuk membantu pemerintah memerangi Virus Corona sebagaimana anjuran Bapak Jokowi untuk senantiasa menjaga kebersihan," tutur Subairi dan Imron.

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat BPP INSAP, Mawardi Sahlan menambahkan, selain untuk membantu pemerintah, agenda tersebut adalah kegiatan rutin INSAP setiap libur pesantren dalam bentuk pengabdian masyarakat.

"Apalagi sekarang kita dibatasi dalam melaksanakan kegiatan yang mengundang banyak massa," ujar Mawardi, Jumat (24/04/2020).

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum BPP INSAP, Moh. Aliwafa bahwa agenda itu dilaksanakan untuk mengisi waktu libur santri dari pesantren masing-masing, sehingga menjadi rutinitas para santri dan alumni pesantren di Plakpak.

"Selain untuk mengisi waktu libur, juga upaya untuk mengubah stigma di masyarakat bahwa saat para santri libur hanya membuat jaringan lemot dan jalanan padat. Dari itu, santri Plakpak menjawab dengan karya dan kreativitas mereka," jelas pria asal dusun Bunut tersebut.

Untuk diketahui, agenda SABID dilaksanakan dengan menyusuri masjid-masjid yang mengajukan sebagai tempat Safari Bersih-Bersih Masjid kepada anggota INSAP dengan dibentuk beberapa tim yang terdiri sekitar delapan sampai tujuh santri.

Di akhir kegiatan ditutup dengan membersihkan Masjid dan sekitarnya di Pondok Pesantren Darut Tauhid Plakpak setelah sebelumnya membersihkan Masjid Pondok Pesantren Al-Mujtama' Plakpak, Pegantenan, Pamekasan. (Kholisin/Fiq)

TerPopuler