LPM Dialektika dan IPNU-IPPNU Gapura Gelar Bedah Buku Kerrong ka Omba' -->


LPM Dialektika dan IPNU-IPPNU Gapura Gelar Bedah Buku Kerrong ka Omba'

Minggu, 15 Maret 2020, 1:27 PM
loading...
LPM Dialektika dan IPNU-IPPNU Gapura Gelar Bedah Buku Kerrong ka Omba'
Bedah Buku Kerrong ka Omba' karya Mat Toyu di Aula Aswaja Lantai II Kantor MWC NU Gapura, Ahad (15/03/2020) pagi. (Foto for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - LPM Dialektika STIT Al Karimiyyah Beraji bersama PAC IPNU-IPPNU Gapura, Kabupaten Sumenep menggelar Bedah Buku Kerrong ka Omba' di Aula Aswaja Lantai II Kantor MWC NU Gapura, Ahad (15/03/2020) pagi.

Kegiatan tersebut dikemas dalam Acator Sastra Madura bersama Mat Toyu penulis Buku Kerrong ka Omba' dan F. Rizal Alief, Sastrawan Madura penulis Buku Ghai' Bintang sebagai pembedah.

Menurut Pimpinan Umun LPM Dialektika STIT Al Karimiyyah, Fathorrosi, bedah buku Mat Toyu itu digelar dalam rangka untuk menyadarkan pemuda-pemudi Madura akan eksistensi bahasa Madura yang mulai terkikis.

"Dalam rangka memupuk kesadaran terhadap bahasa Madura yang mulai terkikis, kami rasa kegiatan ini penting, sehingga dilaksanakan hari ini bersama PAC IPNU-IPPNU Gapura," jelas Rosi ketikanm sambutan.
Sementara itu, Ketua PAC IPNU Gapura, Rislul Atha' berharap, acara tersebut dapat menumbuhkan cinta literasi pada diri pelajar di Kecamatan Gapura. Karena pelajar yang bergairah untuk menulis karya menggunakan bahasa Madura sangat jarang sekali.

"Acara ini kita kemas dalam Acator Sastra Madura, karena saat ini banyak teman-teman yang enggan menulis, apalagi berbahasa Madura," ujar Rislul.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia, Moh. Amin Rais mengungkapan bedah buku Kerrong ka Omba' tersebut diikuti kurang lebih dari 120 peserta. Jumlah itu, kata Amin, melebihi ekspektasi panitia.

"Pesertanya dari IPNU-IPPNU se-Kabupaten Sumenep, STIT Al Karimiyyah, LPM Retorika, LPM Maharaja, STKIP PGRI Sumenep, Unija Sumenep, dan ada juga dari UTM Bangkalan," terangnya.

Amin bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya bedah buku tersebut. Kata dia, acara berjalan lancar sejak dimulai sekira pukul 09.15 WIB hingga selesai pukul 12.30 WIB.

"Alhamdulillah acara sukses, para peserta antusias sekali," ucap Amin. (Helmy/Fiq)

TerPopuler