KWT Sedap Malam Uji Coba Tanaman Aquaponik -->


KWT Sedap Malam Uji Coba Tanaman Aquaponik

Jumat, 20 Maret 2020, 4:10 PM
loading...
KWT Sedap Malam Uji Coba Tanaman Aquaponik
Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Sistem Aquaponik di KWT Sedap Malam Desa Ponteh, Galis, Pamekasan. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Kelompok Wanita Tani (KWT) Sedap Malam yang beralamat di Dusun Karang Panasan, RT 002, RW 001, Desa Ponteh, Kecamatan Galis, Pamekasan memulai uji coba tanaman Aquaponik.

Intan Fauziah, SP, Penyuluh dari Dinas Pertanian Pamekasan mengungkapkan, uji coba tanaman Aquaponik oleh KWT Sedap Malam tersebut baru berjalan sekitar dua minggu.

"Kita masih dalam tahap belajar, sudah sekitar dua minggu kelompok kami mencoba tanam sayur dengan cara Aquaponik," katanya, Jumat (20/03/2020).

Menurut Intan, Aquaponik adalah budi daya sayuran dan ikan dalam satu tempat, sehingga tidak membutuhkan tempat yang luas untuk melakukan budidaya dengan sistem tanam ini.

"Aquaponik yaitu perpaduan tanaman  hidroponik dan kolam ikan," terangnya.

Namun, lanjut Intan, Aquaponik bisa dilakukan dengan memakai botol bekas air mineral untuk menanam berbagai macam sayuran, dan air yang mengalir ditampung di bawahnya untuk dijadikan kolam ikan dengan berbagai macam jenis.

"Semoga dalam dua bulan ke depan kita sudah bisa menikmati hasilnya," harapnya.

Perlu diketahui, kegiatan uji coba tanaman Aquaponik yang dilakukan oleh KWT Sedap Malam tersebut didampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Ponteh. (Ir/Fiq)

TerPopuler