Kades Samatan, M. Tamyis: Desa Mandiri dan Hebat adalah Tujuan Kami -->

Kades Samatan, M. Tamyis: Desa Mandiri dan Hebat adalah Tujuan Kami

Sabtu, 07 Maret 2020, 10:52 PM
loading...
Kades Samatan, M. Tamyis: Desa Mandiri dan Hebat adalah Tujuan Kami
Kades Samatan, M. Tamyis (kaos hijau) menunjukkan tempat produksi sandal milik salah satu warganya sebagai salah satu potensi lokal yang akan dikembangkan. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Bagi seorang Kepala Desa, kesejahteraan warganya merupakan suatu keberhasilan dalam memimpin sebuah desa. Tidak terkecuali bagi M. Tamyis, Kepala Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Bersama perangkat desa dan warganya, Kades Tamyis bertekad memajukan Desa Samatan dengan membangun BUMDes demi meningkatkan perekonomian warga desa, dengan cara mengelola produk lokal yang ada di Desa Samatan.

"Untuk saat ini sudah ada 5 Kios yang kita bangun dan kelola, beberapa warung makan, tabungan sosial, dan simpan pinjam tanpa bunga, yang semuanya dikelola oleh Pemerintah Desa, dan Pemuda Desa Samatan," katanya saat ditemui E-KABARI.COM, Sabtu (7/03/2020).

Di Desa Samatan, lanjut Tamyis, juga ada warganya bernama Usman yang membuat sandal dengan kualitas sangat bagus dan sudah dipasarkan di beberapa toko di Pamekasan. Untuk itu, ia akan membantu supaya usaha tersebut menjadi besar dan dikelola oleh desa, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga lainnya.

"Produk sandal yang ada ini, pihak desa yang akan kelola. Nantinya akan saya upayakan agar mendapat bantuan dari Bupati Pamekasan H. Badrut Tamam, S.Psi melalui program pemerintah yang ada," ujar Tamyis.

"Insyaallah dalam minggu ini kita akan launching, dan kita akan pasang logo Samatan Pamekasan Hebat," imbuh Kades muda itu.

Menurut Tamyis, pengembangan usaha akan ia lakukan dengan memproduksi sepatu sekolah, sehingga masyarakat Pamekasan, khususnya masyarakat Samatan, nantinya tidak perlu lagi pakai produk buatan luar Madura.

"Sepatu sekolah nantinya akan kita buat juga, sesuai dengan keinginan Bapak Bupati Pamekasan, dan tidak menutup kemungkinan kita akan buat produk lainnya," jelas Tamyis.

Untuk itu, pihaknya sangat berharap bantuan dari Bupati Badrut Tamam melalui program Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Supaya desa mandiri dan hebat yang menjadi tujuan Pemerintah Desa Samatan dalam kepemimpinanya bisa segera terwujud.

"Selain dana, kita juga butuh arahan untuk menjadikan Desa Samatan Hebat, Pamekasan Hebat, Rajjha, Bajjra tor Parjugha," harap Tamyis. (Ir/Fiq)

TerPopuler