Di Pamekasan, Ikan Buntal Jadi Bahan Dasar Aneka Macam Makanan Ringan -->

Di Pamekasan, Ikan Buntal Jadi Bahan Dasar Aneka Macam Makanan Ringan

Kamis, 19 Maret 2020, 4:47 PM
loading...
Di Pamekasan, Ikan Buntal Jadi Bahan Dasar Aneka Macam Makanan Ringan
Mas'ud (38) menunjukkan Ikan Buntal dan salah satu produk olahan dari ikan tersebut. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Ternyata, Ikan Buntal bisa dikonsumsi dan menjadi bahan dasar berbagai macam olahan aneka makanan ringan. Bahkan mulai dari daging, kulit, hingga tulang ikan ini bisa diolah jadi makanan ringan, seperti keripik.

Tentu saja, keripik yang terbuat dari olahan ikan Buntal ini hanya bisa kita temui di Dusun Giling, Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Mas'ud (38), warga setempat menggeluti usaha olahan ikan Buntal tersebut sudah satu tahun lebih. Hingga sekarang, produk olahan ikan Buntalnya sudah dikenal sampai ke wilayah Jawa Timur.

"Awalnya saya mencoba dan berkreasi dengan ikan Buntal untuk dibuat berbagai macam olahan keripik, hingga dibuat ikan Buntal Crispy," kata Mas'ud ketika ditemui di rumahnya, Kamis (19/03/2020) sore.

Pengusaha muda itu menjelaskan, untuk membuat berbagai macam olahan ikan Buntal menjadi Keripik Dendeng, Lalapan Krispy, Iga Vugo, dan Vugo Rambak memang tidaklah mudah.

Selain perlu diteliti untuk memilih jenis ikan Buntalnya, masih banyak proses lain hingga olahan dari ikan gembul tersebut benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Misalnya, Mas'ud mencontohkan proses pembuatan Rambak Vugo, yang bahan dasarnya terbuat dari kulit ikan Buntal.

Proses awal, ikan Buntal yang sudah dipilih harus direndam selama satu malam dengan air bawang putih dicampur garam lalu dijemur selama satu hari.

"Untuk proses penghalusan duri memakai mesin gerinda duduk. Setelah itu dipotong sesuai keinginan, lalu dijemur kembali dan setelah cukup kering kita angkat dan digoreng," jelas Mas'ud.

Meski prosesnya tak mudah, nyatanya Mas'ud ematok hasil olahan yang sudah dikemas rapi dengan harga bervariasi dan sangat bersahabat. Mulai dari harga Rp 6 ribu sampai Rp 16 ribuan saja.

"Tenang, untuk menikmati hasil olahan ikan Buntal ini Anda tidak perlu khawatir merogoh isi kantong atau dompet yang banyak," ucap Mas'ud.

Selain harganya terjangkau, berbagai macam makanan ringan hasil olahan ikan Buntal produksi Mas'ud ini juga bisa didapatkan dengan mudah.

Bisa ke tempat produksi, sejumlah toko yang sudah menjual produk olahan ikan Buntal kreasi Mas'ud itu, juga melayani order via online.

"Anda tinggal datang langsung ke sini atau bisa ke toko-toko yang sudah ada baik di Pamekasan maupun di Sampang," pungkasnya. (Ir/Fiq)

TerPopuler