Dandim 0826 Pamekasan Berikan Wasbang pada 20 Calon Duta Bela Negara -->

Dandim 0826 Pamekasan Berikan Wasbang pada 20 Calon Duta Bela Negara

Jumat, 28 Februari 2020, 6:20 PM
loading...

Dandim 0826 Pamekasan Berikan Wasbang pada 20 Calon Duta Bela Negara
Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf M. Efendi saat memberikan pemantapan pembekalan Wasbang pada 20 Calon Duta Bela Negara perwakilan Kabupaten Pamekasan, Jumat (28/02/2020). (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Komandan Kodim (Dandim) 0826 Pamekasan, Letnan Kolonel Infantri M. Efendi menerima rombongan Calon Duta Bela Negara dan memberikan pemantapan Pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Cegah Tangkal Anti Radikalisme atau Separatisme di Ruang Data Makodim setempat, Jumat (28/02/2020).

Pembekalan Wasbang terhadap 20 peserta dari Kabupaten Pamekasan yang menjadi perwakilan mengikuti Pendidikan Bela Negara di Dodik Bela Negara Rindam V Brawijaya Malang, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3 - 13 Maret 2020.

Dandim Efendi sangat mengapresiasi program kerja Bakesbangpol Pamekasan yang sudah bekerjasama dengan instansi Militer, sehingga bisa mengirimkan putra-putri terbaik Pamekasan yang nantinya akan menjadi penerus bangsa untuk melaksanakan Diklat Bela Negara.

Sementara pada 20 duta yang akan mengikuti Diklat, Dandim menyampaikan dampak buruk radikalisme yang sering terjadi, yaitu unjuk rasa berujung ricuh, bentrokan mahasiswa dengan aparat, pembakaran tempat ibadah, yang pada akhirnya akan menimbulkan konflik, baik horizontal maupun vertikal.

"Oleh karena itu, semua pihak harus bersama-sama melakukan pengawasan dan memberikan arahan kepada generasi penerus bangsa," tegasnya.

Di akhir pemantapan Wasbang, Dandim Efendi juga berpesan supaya 20 duta Kabupaten Pamekasan itu mengikuti pendidikan bela negara dengan baik dan ikhlas di Dodik Bela Negara Rindam V Brawijaya Malang.

"Laksanakan pendidikan bela negara dengan baik dan ikhlas, karena kalian adalah para penerus-penerus kami di masa depan," pesan Dandim Efendi.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Bakesbangpol Pamekasan, Imam Rifadi menyampaikan, setelah pelaksanaan Diklat Bela Negara selama 10 hari di Lembaga Pendidikan Militer Rindam V Brawijaya Malang, ke-20 Duta itu akan mengemban tugas penting.

Para duta yang sudah terdidik tersebut akan disebar ke 282 SMA dan sederajat se-Kabupaten Pamekasan, dengan rincian 172 di bawah Diknas Provinsi dan 110 lembaga di bawah Kemenag, yang akan digelar pada bulan Mei sampai Desember 2020 mendatang.

"Tentu saja semuanya dengan pengawasan yang baik," pungkas Imam Rifadi. (Ir/Fiq)

TerPopuler