Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat, Puskesmas Larangan bersama TNI Bersih-Bersih Sampah -->

Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat, Puskesmas Larangan bersama TNI Bersih-Bersih Sampah

Minggu, 19 Januari 2020, 9:47 AM
loading...
Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat, Puskesmas Larangan bersama TNI Bersih-Bersih Sampah
Aksi bersih-bersih sampah oleh Puskesmas Larangan bersam anggota TNI dan sejumlah pihak di Desa Tentenan Timur, Ahad (19/01/2020) pagi. (Foto for E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Demi terciptanya lingkungan bersih dan sehat, Puskesmas Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah bertajuk Masyarakat Peduli Lingkungan, Ahad (19/01/2020) pagi.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Puskesmas (FKMPP), Koramil Larangan, Pemuda Peduli Lingkungan, Kader Kesling Puskesmas, Kades Tentenan Barat, Grujugan, dan Tentenan Timur, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan masyarakat sekitar.

Kegiatan Masyarakat Peduli Lingkungan yang dilaksanakan di Desa Tentenan Timur, terutama di area Jembatan Tentenan itu berawal dari keinginan pihak Puskesmas Larangan untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang lingkungan bersih dan sehat.

"Apalagi di sekitar Jembatan Sungai Tentenan Timur itu terlihat sangat numpuk sampah dan baunya luar biasa menyengat," kata Kepala Puskesmas Larangan, Erlina, S.S.T., M.M., Ahad (19/01/2020).

Ia meminta kerja sama semua pihak terkait, khususnya Camat Larangan, agar bisa menggerakkan semua kades dan warganya untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di sungai-sungai. Sehingga, lingkungan sekitar nantinya bebas dari polusi sampah.

"Saya berharap untuk selanjutnya bisa bekerjasama dengan pihak terkait, untuk menyadarkan masyarakat pentingnya lingkungan bersih bebas sampah, dan untuk menuntaskan pembersihan sampah di sungai," ujar Erlina.

Sementara itu, Danramil Larangan, Kapten Cba. Benny Purwanto mengaku sangat senang dan antusias terhadap kegiatan bersih-bersih lingkungan yang diinisiasi oleh Puskesmas tersebut.

"Saya bersama anggota Koramil 0826/05 Larangan bersyukur bisa berpartipisi dengan adanya kegiatan ini, sehingga kita terhindar dari lingkungan yang tercemar, dan perlu bagi kesehatan juga, apalagi baunya luar biasa," ungkapnya.

"Semoga ke depan masyarakat bisa buang sampah pada tempatnya, karena sehat itu penting dan mahal harganya, juga untuk masa depan anak cucu supaya tidak sengsara nantinya," imbuh Danramil Benny.

Usai bersih-bersih, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan banner imbauan yang bertuliskan "Sungai Bukan Tempat Sampah. Mohon untuk Tidak Membuang Sampah Apapun di Sekitar Sungai". (Ir/Fiq)

TerPopuler