Aktivis GP Ansor dan KPNU Guluk-Guluk Lakukan Baksos di Lokasi Bencana Puting Beliung -->

Aktivis GP Ansor dan KPNU Guluk-Guluk Lakukan Baksos di Lokasi Bencana Puting Beliung

Jumat, 20 Desember 2019, 2:35 PM
loading...
Aktivis GP Ansor dan KPNU Guluk-Guluk Lakukan Baksos di Lokasi Bencana Puting Beliung
Aktivis GP Ansor dan KPNU Guluk-Guluk saat melakukan bakti sosial membersihkan akibat angin puting beliung yang terjadi Kamis (19/12/2019) kemarin siang. (Foto RK/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Puluhan aktivis dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Guluk-Guluk bersama Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (KPNU) setempat melakukan bakti sosial (Baksos) di lokasi bencana puting beliung, Jumat (20/12/2019) pagi.

Pasalnya, bencana alam yang telah memporak-porandakan puluhan rumah, pohon dan tiang listrik di wilayah Kecamatan Guluk-Guluk dan Kecamatan Ganding pada Kamis (19/12/219) kemarin, masih menyisakan beberapa kayu yang mengganggu akses jalan.

Pagi tadi, para aktivis NU tersebut terpantau melakukan pemotongan kayu yang menghambat laju kendaraan di jalan. Selain itu, mereka juga terlihat membersihkan sejumlah bongkahan akibat bencana puting beliung kemarin.

"Kami ingin membantu masyarakat terdampak dan pemerintah setempat dalam melakukan evakuasi bongkahan akibat puting beliung ini. Semoga ini manjadi bagian ibadah," ujar Dewan Penasehat PAC GP Ansor Guluk-Guluk, KH. Md. Widadi Rohim.

Menurutnya, keterlibatan GP Ansor dan KPNU itu tak lain untuk melakukan bakti sosial atas terjangan angin yang memporak-porandakan rumah, tiang listrik, hingga pepohonan. Meski kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun dipastikan kerugian material mencapai ratusan juta rupiah.

Pelaksanaan baksos itu, kata Kiai Widad, dimaksudkan untuk memberikan semangat gotong royong serta motivasi kepada masyarakat bahwa Ansor dan KPNU ikut berada di samping mereka, para korban bencana puting beliung.

"Semoga masyarakat terdampak bisa bersabar dan tetap semangat melewati cobaan ini. Insyaallah, cobaan dari Allah tidak akan bertubi-tubi," harap Lora muda asal Ponpes Al-Is'af Kalabaan tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, angin puting beliung kemarin siang melanda Desa Ketawang Laok, Kecamatan Guluk-Guluk. Akibat bencana tersebut, puluhan rumah warga rusak ringan hingga parah. Bahkan, tiang PLN dan pohon-pohon tumbang. (RK/Fiq)

TerPopuler