Sepertiga Keterampilan Bakal Digantikan Robot, Ini yang Harus Dilakukan Para Pencari Kerja -->

Sepertiga Keterampilan Bakal Digantikan Robot, Ini yang Harus Dilakukan Para Pencari Kerja

Selasa, 29 Oktober 2019, 9:32 PM
loading...
Pameran Kesempatan Kerja Job Market Fair dan Seminar Soft Skill Millenials 2019
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat membuka Pameran Kesempatan Kerja Job Market Fair dan Seminar Soft Skill Millenials 2019, Selasa (29/10/2019). (Foto IST/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Lima tahun dari sekarang, sepertiga keterampilan atau 35 persen yang dianggap penting dalam angkatan kerja hari ini akan berubah atau tergantikan dengan robot.

Prediksi tersebut disampaikan Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, KH A. Busyro Karim saat membuka Pameran Kesempatan Kerja Job Market Fair dan Seminar Soft Skill Millenials 2019, Selasa (29/10/2019).

Dimulai pada tahun 2020, Revolusi Industri 4.0 akan membawa masyarakat dunia ke era robotika canggih, transportasi otonom, kecerdasan buatan bioteknologi dan genomik.

"Jika kita tidak segera upgrade skill yang kita miliki, bersiaplah jika suatu saat tenaga kerja kita akan tergantikan oleh mesin," ujar Bupati Busyro.

Padahal, saat ini mendapatkan sebuah pekerjaan saja sudah sangat sulit. Meskipun dari tahun ke tahun angka pengangguran di Sumenep turun, persentasinya pun sangat lambat.

Terbukti, berdasarkan data BPS, jumlah angkatan kerja tahun 2018 di Sumenep mencapai 619.659 jiwa. Sementara jumlah pengangguran mencapai 11.067 atau turun dibandingkan tahun 2017 yang sebanyak 11.554 orang.

"Untuk tingkat pengangguran terbuka (TPT) juga turun dari 1,83 persen di tahun 2017 menjadi 1,79 persen di tahun 2018," ungkap Bupati Busyro.

Angka tersebut memang sangat dinamis dan masih berpotensi naik. Sebab, jumlah lulusan perguruan tinggi di Sumenep setiap tahunnya sangat banyak.

"Mereka yang tidak terserap di dunia kerja pasti akan menjadi pengangguran," imbuh Bupati Busyro.

Kerena itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep sangat mendukung terlaksananya Pameran Kesempatan Kerja Job Market Fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumenep untuk kedua kalinya.

Bagaimanapun, kegiatan tersebut sangat positif dalam memberikan informasi lowongan kerja pada pencari kerja di Sumenep. Sehingga, dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Keris.

"Jadi, saya berharap pameran kesempatan kerja ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh para pencari kerja di Sumenep," pinta Bupati dua periode itu.

Dalam Job Market Fair kali ini, para pencari kerja bisa berinteraksi langsung dengan 26 perusahaan yang menyediakan total 800 lowongan pekerja, dan 100 jabatan.

Pameran yang dibuka selama dua hari dari Selasa hingga Rabu (29-30/10/2019) di gedung Kopri tersebut terlaksana berkat kerja sama antara Bakorwil IV Pamekasan dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep. (RK/Fiq)

TerPopuler