Selama Seminggu, Pemkab Sumenep akan Gelar Latsar Pramuka -->

Selama Seminggu, Pemkab Sumenep akan Gelar Latsar Pramuka

Kamis, 24 Oktober 2019, 12:31 PM
loading...
Selama Seminggu, Pemkab Sumenep akan Gelar Latsar Pramuka
Selama Seminggu, Pemkab Sumenep akan Gelar Latsar Pramuka. (Foto IST/Kominfo Sumenep)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar Latihan Search And Rescue (Latsar) Pramuka selama seminggu ke depan, mulai Jumat-Kamis (25-31/10/2019).

Ketua Panitia Latsar Pramuka dari Pramuka STKIP PGRI Sumenep, Hendriyansyah mengatakan, Latsar Pramuka itu akan diikuti peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Mereka yang nantinya akan diberi bekal dalam penanganan bencana tersebut berjumlah 100 orang dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

“Awalnya kita dan teman-teman ingin 150 orang. Tapi tim Basarnas minta 100 orang saja, agar pelatihannya maksimal. Jadi, sekarang pendaftarnya pun sudah memenuhi kuota 100 orang,” kata Hendriyansyah, Kamis (24/10/2019).

Latsar Pramuka tersebut akan dilaksanakan di sejumlah lokasi. Mulai dari STKIP PGRI Sumenep, Labang Mesem, Pulau Giliyang, dan Pendopo Agung Sumenep, tepatnya di Lapangan Kesenian Sumenep (LKS).

“Pembukaannya di STKIP PGRI Sumenep, TP4D di Labang Mesem, praktik lapangan Water Rescue di Pulau Giliyang, terus Sumenep Nigh Spectaculer atau penutupan itu di pendopo,” jelas Hendriyansyah.

Latsar itu nantinya akan difokuskan di praktik lapangan, yakni pelatihan Water Rescue di Pulau Giliyang. Water Rescue menjadi fokus pelatihan sebagai bekal bagi peserta untuk menangani setiap bencana yang terjadi di wilayah perairan.

“Fokusnya di Water Rescue. Karena di Sumenep yang sering ada kejadian di wilayah perairan. Nantinya kalau sudah ikut pelatihan itu, kita bisa berpartisipasi dalam menangani bencana yang terjadi di Sumenep,” pungkas Hendriyansyah. (RK/Fiq)

TerPopuler