Rawat dan Jaga Kebersihan Buju' Desa, IKAPEMDES Longos Rutin Gelar Baksos -->

Rawat dan Jaga Kebersihan Buju' Desa, IKAPEMDES Longos Rutin Gelar Baksos

Minggu, 27 Oktober 2019, 12:01 PM
loading...
Rawat dan Jaga Kebersihan Buju' Desa, IKAPEMDES Longos Rutin Gelar Baksos
Baksos IKAPEMDES Longos di Buju' Tamiya (atas) dan Buju' Gindaga (bawah) di perbatasan Dusun Buabu dan Polay, Desa Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. (Foto Dok. IKAPEMDES Longos for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Sejumlah pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Desa (IKAPEMDES) Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melaksanakan Bakti Sosial (Baksos), Minggu pagi (27/10/2019).

Baksos berupa bersih-bersih situs makam (Buju') sesepuh desa tersebut dilakukan secara rutin oleh pengurus dan anggota IKAPEMDES Longos sejak Minggu (20/10/2019) sebelumnya.

"Pertama di Buju' Ebu di Dusun Kotte perbatasan dengan Buabu minggu lalu. Hari ini dilaksanakan di Buju' Tamiya sampai Buju' Gindaga di perbatasan Dusun Buabu dan Polay," kata Achmad Fikri Syah, Ketua IKAPEMDES Longos.

Adapun tujuan Baksos, yaitu untuk merawat dan menjaga kebersihan lingkungan, di samping juga agar para pemuda lebih mengetahui secara dekat silsilah sesepuh Desa Longos.

"Baksos ini kita mulai sejak pukul 6 pagi sampai selesai. Dilaksanakan oleh seluruh pemuda-pemudi Desa Longos yang tergabung di organisasi IKAPEMDES," terang Fikri.

Kegiatan tersebut merupakan program Divisi Sosial IKAPEMDES Longos yang bersentuhan langsung dengan lingkungan dan masyarakat. Selain itu, ada pula program Divisi Pendidikan dan Keagamaan yang juga memasyarakat.

"Kita juga rutin melaksanakan Khotmil Qur'an di setiap ada Kifayah (orang meninggal, red) di Desa Longos. Bisa sekali sampai dua kali tergantung bisanya teman-teman dan kesediaan shahibul musibah (keluarga yang meninggal, red)," tandas Fikri. (RK/Fiq)

TerPopuler