Bercita Jadikan Prenduan Desa Percontohan, H Mansur Minta Dukungan Tokoh Pemuda di Pilkades 2019 -->

Bercita Jadikan Prenduan Desa Percontohan, H Mansur Minta Dukungan Tokoh Pemuda di Pilkades 2019

Kamis, 24 Oktober 2019, 12:40 AM
loading...
Pilkades Serentak Sumenep Tahun 2019
H. Mansur, Calon Kepala Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan Nomor Urut 03, foto bersama Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim usai mengikuti Deklarasi Pilkades Damai Tahun 2019 di Gedung KORPRI. (Foto for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Tantangan membangun desa di zaman yang serba cepat dan digital ini semakin berat. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan masyarakat desa untuk maju ke garda terdepan demi mengubah segala persoalan jadi kemajuan.

Terbukti, dalam pesta rakyat di Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep kali ini, ada 5 calon Kepala Desa dalam Pilkades Serentak yang akan berlangsung pada Kamis, 07 November 2019 mendatang.

Dengan DPT kurang lebih 8650-an, juga budi kelola penghasilan yang cukup berkembang seperti Rengginang dan Ikan Asin serta bisnis-bisnis lain yang ada di Desa Prenduan, maka wajar jika banyak yang tertarik untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa.

Kelima Cakades itu memiliki visi misi berbeda dalam membangun Desa Prenduan lebih baik ke depannya. Namun, ada satu calon yang dengan jelas menyampaikan dirinya ingin membawa Desa Prenduan tak hanya lebih baik.

Ia adalah H. Mansur (40). Cakades Nomor Urut 03 pada Pilkades Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, yang ditemui E-KABARI.COM usai mengikuti Deklarasi Pilkades Damai Tahun 2019 di Gedung KORPRI Sumenep.

"Saya bercita bagaimana Desa Prenduan ini bisa jadi desa percontohan yang nantinya bisa ditiru oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Sumenep," ungkap Mansur, Rabu (23/10/2019).

Ia mengaku mengikuti pemilihan kepala desa tahun ini karena termotivasi kondisi Prenduan yang perlu dibenahi dan mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat untuk memimpin desanya.

"Banyak program unggulan yang sudah kami rancang untuk memajukan Desa Prenduan. Di sisi ekonomi misalnya seperti home industri, serta usaha-usaha rumahan yang perlu dikembangkan," ujar Mansur.

Guna mewujudkan semua programnya jika terpilih sebagai Kades Prenduan, Mansur akan merangkul para pemuda desa. Menurutnya, regenerasi yang baik akan benar dalam menentukan sikap, pilihan serta haknya untuk masa depan Prenduan yang lebih baik.

“Karena dalam hal ini memang pemuda yang pertama kali harus dirangkul, lebih-lebih di bidang pendidikan dini dan pemuda yang tidak bisa melanjutkan kuliah kita akan atasi bersama supaya bisa melanjutkan hingga lulus,” tuturnya.

Jika nanti terpilih sebagai Kades Prenduan, Mansur berharap kepada para tokoh, khususnya para pemuda desa untuk mendukung penuh segala program yang ada di desanya.

“Untuk menjadi desa yang lebih baik, atau menjadi desa percontohan dari desa-desa yang lain perlu gebrakan baru agar perubahan Desa Prenduan jelas dan terarah,” ucapnya.

Mansur pun sangat mendukung Deklarasi Pilkades Damai Tahun 2019 yang digelar pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep.

Karena menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak yang tinggal setengah bulan lagi adalah saat yang tepat untuk sebuah pengkondisian masyarakat di setiap desa yang akan menggelar pesta demokrasi.

“Kita semua berharap kondusifitas massa untuk bersama-sama menjaga keamanan, sehingga dalam pemilihan ini bisa aman dan nyaman,” pungkasnya. (Ras/Fiq)

TerPopuler